Servis Rutin Kendaraan, Berdasarkan Jarak Kilometer atau Waktu?

Riyandy Aristyo ยท Sabtu, 24 Agustus 2019 - 09:15 WIB
Servis Rutin Kendaraan, Berdasarkan Jarak Kilometer atau Waktu?

Pemilik kendaraan biasanya servis berkala berdasarkan hitungan kilometer, tapi tak sedikit yang menetapkan servis sesuai jangka waktu. (Foto: Meineke)

JAKARTA, iNews.id - Setiap kendaraan wajib mendapat perawatan rutin dimulai dari mengganti oli, tune up mesin, pengecekan kelistrikkan dan lainnya. Dalam perawatan, pemilik kendaraan biasanya servis berkala berdasarkan hitungan kilometer. Tapi, tidak sedikit yang menetapkan servis sesuai jangka waktu.

Lalu lebih baik mana, servis berkala sesuai standar kilometer atau berdasarkan jangka waktu?

Asisten Manajer Technical Training PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ade Rohman menjelaskan, pemilik kendaraan sebaiknya tidak mengacu pada salah satu acuan. Semua tergantung pada pemakaian kendaraan.

"Jangan terfokus pada salah satu opsi acuan servis. Sebaiknya pemilik juga harus memperhatikan pemakaian harian kendaraan," ujarnya, dalam keterangan tertulis yang diterima iNews.id, baru-baru ini.

Ade menuturkan, apabila kendaraan digunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari dengan jarak cukup jauh secara rutin, pemilik sebaiknya tidak mengacu pada lamanya servis.

"Jika kendaraan digunakan setiap hari untuk bekerja, sebaiknya jangan mengacu pada servis tiga atau enam bulan. Sebaliknya, gunakan acuan jarak tempuh," kata Ade.

Sebaliknya, lanjut dia, bila kendaraan jarang dipakai gunakan berdasarkan waktu, sehingga servis rutin kendaraan tetap berjalan maksimal serta usia kendaraan bisa lebih panjang.

"Jawabannya mengacu pada mana yang lebih dahulu tercapai, jarak atau waktu. Jika jarak atau waktu sudah tercapai segera servis kendaraan Anda," kata Ade.


Editor : Dani Dahwilani