Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Gunakan Bahan Daur Ulang, Toyota Rehabilitasi Bangun Toilet Umum
Advertisement . Scroll to see content

Setengah Abad di Indonesia, Toyota Akan Fokus Kembangkan Kendaraan Listrik

Selasa, 05 Januari 2021 - 15:04:00 WIB
Setengah Abad di Indonesia, Toyota Akan Fokus Kembangkan Kendaraan Listrik
Memasuki usia 50 tahun di Indonesia, Toyota telah berkembang menjadi perusahaan mobilitas dengan berbagai produk, termasuk kendaraan listrik. (Foto: Dok/Toyota)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id – Memasuki usia 50 tahun di Indonesia, Toyota telah berkembang menjadi perusahaan mobilitas dengan berbagai produk, termasuk elektrifikasi (kendaraan listrik). Tak hanya itu, Toyota menjadi produsen dengan layanan purnajual terbesar yakni 333 outlet di seluruh wilayah Indonesia.

Lahirnya Toyota Indonesia bermula dari upaya memenuhi kebutuhan tranportasi masyarakat pada era 1970-an. Dimulai dari impor, Toyota berkembang hingga mampu menambah perannya dengan melokalisasi proses produksi dan meningkatkan kandungan lokal dengan mengembangkan rantai pasok di dalam negeri, termasuk lokal material dari industri hulu. 

Didukung lima pabrik manufaktur mobil dan mesin, Toyota menjadi salah satu basis produksi (hub) di pasar Asia-Pasifik sehingga dapat mengekspor produk dalam negeri ke lebih dari 80 negara di Asia, Afrika, Amerika Latin, Karibia, dan Timur Tengah.

“Kami bersyukur dapat menjadi bagian dari perkembangan sosial-ekonomi serta industri otomotif di Indonesia selama 50 tahun. Berkat kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat serta dukungan dari pemerintah Indonesia, Toyota Indonesia dapat berkembang menjadi salah satu pusat produksi dan ekspor di Asia-Pasifik ke pasar global," ujar President Director PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Warih Andang Tjahjono dalam keterangan persnya, Selasa (5/1/2020). 

"Ke depan, kami berkomitmen turut serta secara aktif mengembangkan industri otomotif Indonesia dan menambah kandungan lokal melalui pendalaman industri hulu, termasuk produk berteknologi tinggi berbasis elektrifikasi untuk mendukung program pemerintah dalam menurunkan emisi, sekaligus memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia yang terus berkembang,” katanya. 

Dalam beberapa dekade terakhir, teknologi industri otomotif di Indonesia mengalami kemajuan pesat. Ini memotivasi sekaligus memberi ruang lebih luas kepada Toyota menghadirkan deretan produk yang dapat memenuhi beragam kebutuhan mobilitas masyarakat. Lebih dari 20 line up kendaraan terdiri atas beragam jenis kendaraan, mulai dari MPV, SUV, Hathback, Sedan, Commercial, hingga Sport tersedia sebagai pilihan produk lengkap bagi masyarakat Indonesia.

Bahkan, Toyota Indonesia juga telah mengantisipasi lebih awal tantangan masa depan seperti tuntutan pengembangan kendaraan ramah lingkungan. Sejak 2009, Toyota Indonesia telah memperkenalkan Toyota Prius sebagai kendaraan Hybrid Electric Vehicle (HEV) ramah lingkungan berkat teknologi mesin berbasis elektrifikasi, sehingga menghasilkan emisi lebih rendah dan meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Hingga kini, Toyota Indonesia telah memasarkan 10 line up kendaraan berteknologi elektrifikasi yang terdiri atas demapab Hybrid Electric Vehicle (HEV), satu Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), dan satu Battery Electric Vehicle (BEV).

Kehadiran line up kendaraan berteknologi elektrifikasi tersebut telah menempatkan Toyota Indonesia tidak hanya sebagai perusahaan pertama yang mempopulerkan kendaraan ramah lingkungan, namun juga sebagai market leader kendaraan elektrifikasi di pasar otomotif nasional. Toyota bersama rantai pasokan juga telah bersiap memproduksi model HEV yang ditujukan pasar ekspor, selain domestik, pada 2022.

“Ke depan kami juga berkomitmen menghadirkan beragam layanan solusi mobilitas baru yang untuk mewujudkan Mobility Happiness for All. Tidak hanya dengan terus menghadirkan teknologi elektrfikasi yang lengkap untuk dipilih sesuai kebutuhan pelanggan, mulai dari Hybrid Electric Vehicle HEV, PHEV, dan BEV, tapi juga membangun ecosystem untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat agar dapat merasakan pengalaman bermobilitas dengan kendaraan elektrifikasi,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto.

Semangat menghadapi tantangan mobilitas di masa depan tercermin pada desain logo ulang tahun ke-50 Toyota Indonesia. Toyota kini sudah setengah abad di Indonesia.

Editor: Dani M Dahwilani

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut