Siapkan 30 Mobil Listrik, Audi Akan Gunakan 4 Platform

Dani M Dahwilani ยท Rabu, 09 Oktober 2019 - 06:29 WIB
Siapkan 30 Mobil Listrik, Audi Akan Gunakan 4 Platform

Gunakan empat platform, Audi berencana menawarkan 30 kendaraan listrik pada 2025, dengan 20 model di antaranya sepenuhnya listrik (all-electric). (Foto: Carscoops)

STUTRGART, iNews.id - Audi akan bertaruh besar di era elektrifikasi kendaraan. Mereka berencana menawarkan 30 kendaraan listrik pada 2025. Di mana 20 model akan sepenuhnya listrik (all-electric).

Namun, Audi tidak menempatkan model-modelnya dalam satu keranjang. Mereka akan menggunakan empat platform kendaraan listrik yang berbeda.

Dilansir dari Carscoops, Selasa (8/10/2019), pertama E-tron versi modifikasi dari platform MLB evo. Selanjutnya, ada versi produksi konsep E-tron GT yang diperkenalkan tahun lalu. Model ini akan tiba pada 2020 dan didasarkan pada platform J1 Performance yang berorientasi pada kinerja yang digunakan Porsche Taycan.

Setahun kemudian, pada 2021, Audi akan memperkenalkan platform kendaraan listrik ketiga mereka dengan platform MEB Volkswagen yang diambil dari ID 3.

Model Audi pertama yang menggunakan arsitektur MEB Modular Electrification Toolkit ini akan menjadi versi produksi dari konsep e-tron Q4. Model ini akan memiliki dimensi eksterior mirip dengan Q3, tetapi interior yang setara dengan Q5.

Audi akan menawarkan model tambahan berdasarkan platform MEB pada model kompak berukuran sedang. Perusahaan tidak membahas secara spesifik, tetapi mengatakan model yang akan datang memiliki "desain menarik, pengerjaan interior berkualitas tinggi dan sistem operasi top-of-the-line."

Lebih penting lagi, model berbasis MEB akan lebih terjangkau. Sebagai bagian dari upaya menjaga harga tetap rendah, Audi mengkonfirmasi rencana untuk menawarkan model dasar dengan motor listrik dengan penggerak roda belakang. Sementara untuk varian high-end akan menggunakan all-wheel drive (AWD).

Di sisi lain, untuk mengakomodasi model ukuran penuh dan mewah, Audi akan menggunakan arsitektur Premium Platform Electric (PPE) yang sedang dikembangkan Porsche. Perusahaan itu mengatakan platform tersebut akan digunakan pada model kendaraan crossover, sportback dan SUV.

Platform tersebut mirip dengan arsitektur MEB, namun menampilkan teknologi kelas atas seperti sistem listrik 800 volt dan kapasitas pengisian 350 kW. Audi juga mengisyaratkan kendaraan berbasis PPE memiliki suspensi udara, AWD dan vektor torsi.

Sebagai bagian dari pengumuman, Audi memamerkan teaser berbasis PPE yang disebut "Sportback-Layout." Perusahaan tidak banyak bicara tentang model ini, tetapi laporan menyebutkan model ini bisa masuk lini produksi pada 2023.


Editor : Dani Dahwilani