Sudah Terdaftar di Gaikindo, MG Siap Panaskan Pasar Otomotif Indonesia

Riyandy Aristyo ยท Rabu, 15 Januari 2020 - 08:15 WIB
Sudah Terdaftar di Gaikindo, MG Siap Panaskan Pasar Otomotif Indonesia

Terdaftar di Gaikindo, Industri otomotif Indonesia kedatangan brand baru asal China, Morris Garage (MG). (Foto: Al Yousuf Motors)

JAKARTA, iNews.id - Industri otomotif Indonesia kedatangan merek baru. Brand yang akan memanaskan pasar kendaraan di Tanah Air adalah Morris Garage (MG), merek mobil asal Inggris yang saat ini dibeli China.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Kukuh Kumara. "MG sudah mendaftarkan diri di Gaikindo. Artinya, mereka sudah siap bertarung di bursa jual beli roda empat Indonesia," ujarnya, saat ditemui di Kebon Sirih, Jakarta, baru-baru ini.

Dia mengungkapkan, MG berada di bawah anak perusahaan Shanghai Automotive Industry Corporation (SAIC). Di mana SAIC sudah lebih dulu berada di Tanah Air melalui usaha patungan Wuling Motors dan General Motor (GM) yakni SGMW, yang kebetulan melahirkan brand Wuling.

"MG masuk ke dalam anak perusahaan SAIC. Nah, salah satunya ada di sini (Indonesia) yakni Wuling Motors. Salah satu produknya (MG) juga memakai basis dari Wuling," katanya.

Sayang, saat disinggung terkait model apa saja yang akan dibawa MG ke Indonesia, Kukuh tidak bersedia membocorkan. Menurutnya, biar mereka (MG) yang menginformasikan sendiri.

"Kalau model apa saja yang dibawa, saya tidak tahu soal itu. Kita lihat saja nanti. Mungkin di GIIAS 2020, MG akan hadir. Yang pasti MG sudah daftar dan mau jadi anggota Gaikindo," ujarnya.

Seperti diketahui, model MG yang menggunakan basis Wuling Almaz adalah MG Hector. SUV ini dibekali banyak fitur canggih seperti voice comman dan memiliki jaringan internet. Bagaimana kiprah merek baru ini nanti, menarik untuk ditunggu.

Diketahui, MG terlahir di Inggris. Adalah M.G. Car Company Limited, pabrikan mobil sport asal negeri Ratu Elizabeth yang membuat marek ini. Dikenal sebagai mobil sport dua kursi, MG memproduksi saloons dan coupe, dengan mesin hingga tiga liter.

MG bersama dengan aset lainnya dari MG Rover dibeli Nanjing Automobile Group (yang bergabung ke SAIC pada 2007). Sekarang, merek ini dimiliki raksasa otomotif China, SAIC Motor Corporation Limited.

Editor : Dani Dahwilani