Tampil Memukau, Ini Pemenang Ajang Modifikasi Intersport Auto Show Seri Ke-4

Dani M Dahwilani · Senin, 02 September 2019 - 09:21 WIB
Tampil Memukau, Ini Pemenang Ajang Modifikasi Intersport Auto Show Seri Ke-4

Peserta modifikasi Intersport Auto Show Seri Ke-4 di Yogyakarta berlomba dalam lima kategori, yaitu Street Racing, Racing, Retro Racing, Elegan dan VIP. (Foto: Istimewa/Intersport)

JAKARTA, iNews.id - Lomba modifikasi mobil Intersport Auto Show 2019 seri keempat digelar di Sindu Kusuma Edu Park, Yogyakarta. Para peserta berkompetisi dalam lima kategori, yaitu Street Racing, Racing, Retro Racing, Elegan dan VIP.

Peserta bersaing membangun mobil modifikasi dengan spesifikasi tinggi. Mulai dari konsistensi konsep, eksekusi pengerjaan yang baik, pemilihan barang-barang fungsional, hingga ketelitian terhadap detail penunjang yang memberikan visual impact. Tidak heran, tim juri kesulitan menentukan pemenang dari masing-masing kategori.

Head Judge Juri Intersport Auto Show, Didiet mengatakan, semua peserta mempunyai kekuatan yang hampir sama, ini merupakan kemajuan bagus bila dibandingkan event tahun sebelumnya.

"Intersport Auto Show 2019 menerapkan sistem penilaian Live Judging. Di mana mobil partisipan dinilai juri secara langsung di depan panggung, setelah peserta menjelaskan konsep dan spesifikasi modifikasi mobilnya," ujar Didiet, dalam keterangan persnya, Senin (2/9/2019).

Seri keempat di Yogyakarta, menghadirkan banyak mobil bergaya Street Racing dan Elegan. Di mana 70 persen peserta mengadopsi konsep Street Racing, aliran yang selama ini tidak seramai aliran VIP dan Elegan di kota yang terkenal dengan kuliner gudeg-nya ini.

“Tren tahun ini berbanding terbalik dengan tahun lalu. Dari data yang kami pegang, banyak peserta mengaplikasikan aliran Street Racing,” kata Andre Irawan, ketua panitia penyelenggara Intersport Auto Show 2019.

Dia menuturkan dalam ajang ini pihaknya juga mengedukasi para pengunjung tentang modifikasi yang proper. Di mana segala sesuatu yang dimodifikasi harus memenuhi unsur keamanan dan keselamatan.

“Aplikasi modifikasi harus memenuhi mekanisme sebagai mobil harian. Inilah mengapa Intersport Auto Show 2019 mengedepankan kendaraan yang proper,” ujarnya.

Untuk model Street Racing dalam lomba di Yogyakarta didominasi peserta menggunakan mobil pabrikan Jepang, terutama Honda Civic. Banyak peserta memodifikasi mobil tersebut dengan engine swap, ditingkatkan performanya dengan aplikasi komponen mesin berperforma tinggi.

Sebagian besar peserta juga mengaplikasikan beberapa peranti bawaan Honda Civic Type-R, yang merupakan kasta tertinggi dari kelas Honda Civic.

Peserta dari kategori Elegan dan VIP juga tidak mau kalah bersaing. Seperti Honda New Accord milik Wawan, meski gayanya elegan dengan cat red candy, pelek NKB Elite ekstra lebar, interior mewah, dan performa mesinnya juga ditingkatkan. Mesin standar diganti dengan K20A bawaan Honda Civic Type-R, bahkan ditambahkan turbocharger untuk mendapatkan tenaga mesin lebih besar.

Beberapa inovasi nyeleneh juga hadir di Intersport Auto Show 2019 seri keempat. Seperti mesin Mitsubishi Lancer dengan spesifikasi khusus kompetisi drag race, termasuk penggunaan ban tipe khusus dengan mesin sudah menyesuaikan untuk kompetisi drag race.

Tidak hanya peserta yang berinovasi, brand Intersport selaku penyelenggara juga menghadirkan seusatu yang menarik bagi komunitas. “Kita mempunyai program yang bisa menjadi wadah bagi komunitas agar lebih mudah mendapatkan edukasi tentang modifikasi yang baik dan benar,” ujar Zandry Situmorang, PIC Brand Intersport.

"Inovasi ini berangkat dari keinginan berbagai komunitas modifikasi yang ingin belajar lebih lanjut tentang modifikasi yang baik dan benar, namun kesulitan dalam memperoleh literasi. Program ini merupakan bagian dari misi Intersport Auto Show yang ingin memajukan industri modifikasi di Indonesia," jelasnya.

Setelah melalui penilaian yang ketat dari tim juri Intersport Auto Show 2019, lahir pemenang-pemenang baru. Total ada lima pemenang dari lima kategori yang dilombakan dan berhak melaju ke final battle di Jakarta.

Berikut daftar pemenang Intersport Auto Show 2019 seri keempat di Yogyakarta:

Kategori VIP
Juara 1 : Nissan Infiniti Q45 / Wahyu Wekka
Juara 2 : Toyota Vellfire / Rafa Project.
Juara 3 : Mercedes-Benz S320 / Tesya Dwitra

Kategori Elegan
Juara 1 : Honda Accord / Wawan GS
Juara 2 : Honda Odyssey / Boy
Juara 3 : Honda Civic FB / Auvi

Kategori Street Racing
Juara 1 : Honda Civic EJ6 / Eko A.F
Juara 2 : Honda Civic Estillo Rahman Takata
Juara 3 : Honda Civic EK4 Davi Rosyadi

Kategori Racing
Juara 1 : Honda Civic EK4 / Rian Hidayat

Kategori Retro Racing
Juara 1 : Mitsubishi Lancer / Reindy Riupassa
Juara 2 : Honda Civic Nouva / SAR Speed
Juara 3 : Honda Civic Estillo / Novid Dwi Haryanto

Editor : Dani Dahwilani