Tantang Bugatti Chiron, Mobil Super Kencang SSC Tuatara Diluncurkan Hanya 100 Unit

Riyandy Aristyo ยท Selasa, 11 Februari 2020 - 08:41 WIB
Tantang Bugatti Chiron, Mobil Super Kencang SSC Tuatara Diluncurkan Hanya 100 Unit

Hypercar SSC Tuatara diklaim mampu menembus kecepatan maksimal 483 km/jam hanya dalam beberapa detik. (Foto: Autoblog)

PHILADELPHIA, iNews.id - Pabrikan hypercar asal Amerika Serikat (AS), SSC North America baru saja merilis SSC Tuatara di Philadelphia Auto Show 2020. Mobil ini hanya diproduksi sebanyak 100 unit secara global.

Dikutip dari Autoblog, Selasa (11/2/2020), SSC membutuhkan waktu cukup lama dalam satu dekade untuk mewujudkan hypercar pertamanya tersebut. Bahkan, harus menggunakan jasa desainer khusus supercar Jason Castriorta.

Jason Castriorta memang terbiasa mendesain supercar untuk pabrikan dunia. Dia mendesain Ferrari 599, Maserati GranTurismo, Pininfarina, Rolls-Royce Hyperion dan proyek-proyek penting lain.

Khusus untuk SSC Tuatara, sang insinyur menawarkan desain eksterior dan interior dengan koefisien drag, kulit serat karbon aerospace dan sasis monocoque serasi dengan hypercar.

Jet darat ini memiliki dua tempat duduk dengan jarak pemisah, konsol yang tinggi dan desain setir yang datar. Pada bagian layar, pengemudi dapat melihat segala informasi seperti mengakses kontrol iklim, hiburan, tekanan ban, dan berbagai fungsi lainnya.

Soal performa, hypercar ini dibekali mesin flat-plane berkapasitas 5.600 cc twin-turbo V8 yang sanggup memuntahkan tenaga 1.750 hp dengan asupan bahan bakat E85. Namun, jika pemilik mengisinya dengan oktan 91, maka tenaga yang dihasilkan hanya 1.350 hp.

Jantung pacu tersebut diklaim mampu menembus kecepatan maksimal 483 km/jam hanya dalam beberapa detik dan bisa menantang rekor 490,484 km/jam yang ditorehkan Bugatti Chiron tahun lalu.

SSC Tuatara (Foto: Autoblog)
SSC Tuatara (Foto: Autoblog)

 


Editor : Dani Dahwilani