Tarikan Mobil Berat saat AC Dihidupkan, Ini Penyebabnya 

Bertold Ananda · Minggu, 20 Juni 2021 - 12:39:00 WIB
Tarikan Mobil Berat saat AC Dihidupkan, Ini Penyebabnya 
Segera lakukan pengecekan untuk mencari tahu penyebab tarikan mobil jadi berat saat AC dihidupkan. (Foto: Dok/iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Pernahkah Anda merasakan tarikan mobil menjadi berat setelah menghidupkan air conditioner (AC) alias penyejuk udara? Ini tentu akan membuat Anda bingung. 

Apa yang terjadi? Kemungkinan besar karena ada kesalahan setelan dan gangguan pada komponen kendaraan. Segera lakukan pengecekan untuk mencari tahu penyebab tarikan mobil jadi berat saat AC hidup. 

Dilansir dari laman Auto2000, berikut beberapa penyebab mesin mobil jadi berat saat AC hidup:

1. Filter udara kotor 

Filter udara kotor bisa menjadi penyebab utama tarikan mobil berat. Ini disebabkan fungsi filter udara mobil yang kotor akan membuat aliran udara menuju ruang pembakaran terhambat.

Cara mengatasinya bersihkan filter udara dari kotoran yang menghambat aliran udara. Jika tidak bisa bersih secara menyeluruh gantilah filter udara dengan yang baru.  

2. Sirkulasi udara AC tersumbat 

Penyebab lainnya mesin mobil berat saat AC hidup adalah karena sirkulasi udara kotor. Komponen dalam sirkulasi AC terdapat kondensor, dan evaporator. Jika sirkulasi udara pada komponen-komponen tersebut terhambat kotoran, kinerja AC akan terpengaruh.  

AC akan bekerja keras dua kali lipat agar bisa tetap menghasilkan udara dingin pada kabin mobil. Kondisi inilah yang membuat tarikan mesin mobil berat. Cara mengatasinya dengan membersihkan seluruh saluran AC supaya tidak terhambat kotoran sehingga kinerja mobil menjadi enteng.

3. Jarang ganti oli 

Oli lias pelumas ibarat darah bagi mobil. Tanpa adanya oli, sangat tidak mungkin sebuah mobil dapat berfungsi normal. Untuk itu, Anda selalu rutin cek kondisi oli pada mobil dan lakukan penggantian secara berkala untuk menjaga kinerja mesin.  

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2