Terparkir Lama di Rumah, Begini Trik Mobil Tetap Kinclong Tanpa Poles ke Salon

Riyandy Aristyo · Selasa, 21 April 2020 - 09:17:00 WIB
Terparkir Lama di Rumah, Begini Trik Mobil Tetap Kinclong Tanpa Poles ke Salon
Selain di salon mobil, pemilik kendaraan sebenarnya bisa merawat mobil di rumah tanpa menggunakan mesin poles. (Foto: Ilustrasi/iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Penampilan kendaraan yang bersih dan kinclong menjadi cerminan pribadi pemiliknya. Saat ini, banyak pemilik kendaraan memilih tetap di rumah mengikuti aturan pembatasan sosial yang dikeluarkan pemerintah guna memutus rantai virus corona (Covid-19)

Bagaimana agar penampilan tetap kinclong saat banyak toko salon tutup terkait Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Bisakah dilakukan sendiri tanpa perlu ke salon, sambil mengisi waktu luang di rumah?

"Biasanya pemilik pergi ke salon mobil untuk perawatan instan, seperti pemolesan bodi atau body detailing," ujar Vehicle Repair and Maintenance Division Henkel Indonesia, Dani Haryono, beberapa waktu silam.

Menurut Dani, selain di salon pemilik kendaraan sebenarnya bisa merawat mobil di rumah tanpa menggunakan mesin poles. "Anda bisa memanjakan mobil kesayangan di rumah dengan bahan-bahan yang tersedia," katanya.

Pertama, siapkan peralatan yang dibutuhkan, seperti soft buff pad, lap microfiber, serta cairan compound, polish dan wax. Lakukan pencucian seluruh bagian bodi mobil kemudian keringkan dengan lap microfiber.

"Proses pertama, cuci mobil seperti biasa. Kemudian lakukan body detailing di tempat yang terhindar dari paparan debu dan sinar matahari. Tapi sebelumnya pastikan kap mesin dalam kadaan dingin," ujar Dani.

Setelah tahap pencucian beres, masuk ke tahap berikutnya, yakni pemolesan pertama dengan menggunakan compound. Siapkan soft buff pad, teteskan cairan compound sebanyak 1-3 titik untuk diaplikasikan ke satu bagian panel.

"Usapkan soft buff pad yang sudah diteteskan compound per bagian kotak pada panel bodi. Lakukan itu berulang-ulang sampai selesai seluruh bagian mobil," katanya.

Langkah berikutnya adalah masuk ke tahap pemolesan kedua dengan melapisi bodi mobil dengan cairan polish. Fungsi polish untuk mencerahkan warna mobil.

"Penggunaan cairan polish biasanya lebih sedikit ketimbang cairan compound. Perbandingannya cukup satu tetes untuk satu bagian kotak mobil," ujar Dani.

Terakhir, lap seluruh bagian mobil menggunakan kain microfiber. Langkah ini untuk mendapatkan hasil sempurna dan mengangkat sisa-sisa polish yang tertinggal.

Berita Lain Bisa Dibaca di Sindonews.com: Chevrolet Silverado Dua Tahun Tenggelam di Samudra Pasifik

Editor : Dani M Dahwilani