Tesla Gugat California dan Ancam Hengkang karena Tak Boleh Buka Pabrik di saat Corona

Dani M Dahwilani ยท Minggu, 10 Mei 2020 - 23:39 WIB
Tesla Gugat California dan Ancam Hengkang karena Tak Boleh Buka Pabrik di saat Corona

Tesla Inc menggugat pemerintah daerah di California karena produsen mobil listrik itu tidak diizinkan membuka kembali pabrik. (Foto: AFP)

ALAMEDA, iNews.id - Tesla Inc menggugat pemerintah daerah di California karena produsen mobil listrik itu tidak diizinkan membuka kembali pabrik. CEO Tesla Elon Musk mengancam akan memindahkan kantor pusat dan program masa depannya ke Texas atau Nevada.

Dilansir dari Reuters, Musk telah menyampaikan permintaan membuka kembali pabrik Tesla Fremont, San Fransisco Bay, Alameda, California, AS. Namun, Departemen Kesehatan Kabupaten Alameda mengatakan produsen mobil listrik itu tidak boleh membuka fasilitas karena lockdown diperpanjang hingga akhir Mei guna memutus rantai penyebaran virus corona (Covid-19).

Dalam postingan di blog, Tesla mengatakan posisi pemerintah negara bagian tidak memberikan pilihan selain mengambil tindakan hukum untuk memastikan Tesla dan karyawan dapat kembali bekerja.

Perusahaan menyatakan telah menyusun rencana kembali kerja secara menyeluruh mencakup pelatihan personel melalui video online, zona kerja, penyaringan udara, persyaratan memakai peralatan pelindung dan protokol kebersihan serta desinfektan secara ketat.

Perusahaan telah memberi tahu otoritas kesehatan di Kabupaten Alameda, di mana pabrik Fremont berada, tentang rencana memulai kembali operasi pabrik. Tapi, pejabat setempat tidak membalas email.

Tesla mengajukan gugatan di pengadilan federal San Francisco pada Sabtu waktu setempat, mengacu pernyataan Gubernur California pada hari Kamis produsen di negara bagian itu akan diizinkan kembali membuka pabrik.

Perusahaan itu mengatakan Alameda telah menentang konstitusi federal dan California, serta menentang perintah gubernur.

Kabupaten Alameda dijadwalkan tetap memberlakukan lockdown hingga akhir Mei, dengan hanya bisnis-bisnis penting yang diizinkan kembali buka. Kabupaten itu menganggap Tesla bukan kategori bisnis penting.

Tesla pada tahun lalu memproduksi hampir setengah juta unit kendaraan di pabrik Fremont dan memindahkan seluruh fasilitas produksi menjadi tugas besar.

Dan Ives, seorang analis Wedbush memperkirakan dibutuhkan waktu 12 hingga 18 bulan bagi perusahaan merelokasi produksi.

Ancaman merelokasi fasilitas datang sejak Tesla ingin meningkatkan produksi di Fremont dari kendaraan SUV Model Y, yang diharapkan akan menghasilkan rekor permintaan dan margin keuntungan.

Editor : Dani Dahwilani