Tips Berkendara Irit Bahan Bakar dengan Eco Driving, Perhatikan Ini

Riyandy Aristyo ยท Rabu, 21 Oktober 2020 - 15:26:00 WIB
Tips Berkendara Irit Bahan Bakar dengan Eco Driving, Perhatikan Ini
Teknik Eco Driving memiliki banyak manfaat, antara lain hemat BBM, mengurangi tingkat polusi, menghindari kecelakaan, dankomponen mobil lebih awet. (Foto: Eca Group)

JAKARTA, iNews.id - Eco Driving merupakan sistem berkendara mengoptimalkan efisiensi bahan bakar. Teknik ini memiliki banyak manfaat, seperti hemat BBM, mengurangi tingkat polusi, menghindari kecelakaan, dan komponen mobil lebih awet.

Senior Instructor dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana menjelaskan, terdapat banyak teknik dalam Eco Driving. Salah satunya merencanakan rute perjalanan sesuai kebutuhan.

"Sebenarnya ada banyak cara untuk teknik Eco Driving. Misalnya pikirkan rute perjalanan, memanaskan mesin tidak terlalu lama, berkendara sehalus mungkin dan atur suhu AC ideal di kabin," ujar Sony dalam keterangan elektronik kepada iNews.id, Rabu (21/10/2020).

Untuk berkendara Eco Driving juga membutuhkan jenis ban mobil yang mendukung. Ban berjenis Eco merupakan produk berbahan baku ramah lingkungan, didesain khusus agar hambatan gulirnya rendah.

"Pemilihan jenis ban mobil merupakan faktor penting dalam mendukung Eco Driving. Jangan lupa, selalu menjaga dan merawat ban, karena saat berkendara, komponen inilah yang memiliki andil besar dalam menjaga keselamatan berkendara," kata perwakilan GT Radial, Zulpata.


Editor : Dani Dahwilani