Tips Mengendarai Mobil yang Aman dan Nyaman di Jalan Menanjak

Riyandy Aristyo ยท Senin, 30 November 2020 - 18:15:00 WIB
Tips Mengendarai Mobil yang Aman dan Nyaman di Jalan Menanjak
Mengendarai mobil di jalan menanjak butuh keterampilan khusus. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Salah satu masalah utama pengemudi baru adalah mengendarai mobil di tanjakan. Jika salah menginjak pedal di jalan menanjak, mobil berisiko kecelakaan.

Sebenarnya, bagaimana cara mengemudi yang aman dan nyaman bagi pengemudi yang melewati jalan menanjak?

Berikut pemaparan singkatnya berdasarkan keterangan tertulis Auto2000 yang diterima iNews.id, Senin (30/11/2020).

1. Jaga momentum

Kunci dari mengemudi mobil di rute mendaki adalah menjaga momentum kendaraan, sehingga dapat melaju dengan mulus. Jaga emosi, fokus dan tidak perlu menekan pedal gas terlalu dalam yang bisa membuat pengemudi kehilangan kendali mobil.

Tapi, jangan pula terlalu santai yang membuat mobil kekurangan tenaga bahkan menyebabkannya tidak sanggup mendaki. Kenali karakter mobil yang dipakai untuk mendapatkan momentum yang pas.

2. Optimalkan transmisi mobil

Walaupun mobil diperhitungkan sanggup melewati rintangan, sebaiknya posisi gigi transmisi diturunkan untuk memperoleh tambahan tenaga yang memadai.

Usahakan supaya tidak menurunkan gigi di tengah rute pendakian agar mobil tidak kehilangan tenaga. Jika tanjakan landai dan panjang, pengemudi bisa menggunakan gigi 3, baik untuk mobil transmisi otomatis dan manual.

Tapi jika tanjakan cukup curam, bisa memanfaatkan gigi 2, bahkan bisa diposisikan di gigi 1 atau L untuk transmisi otomatis jika dibutuhkan.

Editor : Tuty Ocktaviany

Halaman : 1 2