Tips Menghindari Mobil Cepat Kusam di Musim Hujan 

Dani M Dahwilani · Minggu, 17 Januari 2021 - 09:23:00 WIB
Tips Menghindari Mobil Cepat Kusam di Musim Hujan 
Air merupakan material utama merawat bodi mobil, tapi juga bisa menjadi musuh di musim hujan. (Foto: Peugeot)

JAKARTA, iNews.id - Musim hujan terjadi hampir di seluruh wilayah Indonesia. Guyuran air hujan kerap membasahi mobil saat berkendara atau terparkir di area terbuka.  

Namun, banyak pemilik kendaraan abai merawat mobil. Bahkan, pascahujan mobil dipakai seperti biasa keesokan harinya tanpa dilap.  

Jika kebiasaan tersebut terus dilakukan, cat mobil akan cepat kusam. Tanpa disadari efeknya membuat kualitas permukaan cat menurun hingga cepat berkarat. 

Kepala Bengkel Body and Paint Astra Peugeot Sunter, Roni Agung mengatakan, air merupakan material utama merawat cat bodi mobil. Tapi air juga dapat menjadi musuh dari cat jika mobil yang basah sering dibiarkan kering dengan sendirinya karena akan menyebabkan pembentukan jamur pada sekujur bodi mobil. 

“Agar mobil selalu tampil kinclong dan enak dilihat, cat bodi mobil sepantasnya dilindungi dari serangan musuh-musuh yang berpotensi merusak. Sebaiknya pascahujan, mobil dirawat dengan membersihkan sekaligus mengeringkan bodi,” ujarnya, dalam keterangan elektronik dilansir Minggun(17/1/2020).

Dia menerangkan untuk mencegahnya sangat mudah. Saat mencuci mobil, lakukan di tempat yang tidak terkena matahari langsung untuk mencegah air mengering sendiri. Setelah membilas, langsung keringkan permukaan body mobil yang basah.  

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2