Tips Merawat Mobil Matik, Perhatikan Jadwal Menguras Oli Gearbox 

Dani M Dahwilani · Selasa, 02 Februari 2021 - 08:14:00 WIB
Tips Merawat Mobil Matik, Perhatikan Jadwal Menguras Oli Gearbox 
Dibutuhkan proses flushing atau pembersihan kotoran di dalam gearbox agar ruang kerja transmisi bersih maksimal. (Foto: Peugeot)

JAKARTA, iNews.id - Wajar bila benda bergerak atau berputar seperti mesin akan aus. Meski sudah dilumasi oli, perawatan mesin mesti diperhatikan. 

Contohnya, komponen dalam gearbox mesin mobil bertransmisi otomatis alias matik. Karena sering bergesekan, gram atau bubuk sisa gesekan akan bersarang dan berisiko mengganggu kinerja kendaraan. 

Sebab itu, agar performanya kembali meningkat biasanya dilakukan penggantian pelumas sesuai interval. Namun, penggantian pelumas reguler kurang maksimal lantaran masih ada gram dalam gearbox yang tidak ikut terbuang. Dibutuhkan proses flushing atau pembersihan kotoran di dalam gearbox agar ruang kerja transmisi bersih maksimal. 

“Langkah ini untuk memaksimalkan kerja gearbox matic yang banyak diaplikasi mobil-mobil modern seperti Peugeot. Makanya agar performanya meningkat, gearbox matic disarankan untuk di flush secara berkala,” ujar Kepala Bengkel Astra Peugeot Sunter, Roni Agung dalam keterangan persnya dilansir Selasa (2/2/2021).
 
Dia menuturkan perawaratan mobil bertransmisi matik sebaiknya dilakukan tiap interval 40.000 km. Lalu kenapa dilakukan dalam tempo yang cukup lama? Karena proses flush gearbox matic pada mobil Peugeot tidak seperti ganti oli gearbox matic pada umumnya. Pelumas yang sudah terkontaminasi di dalam gearbox benar-benar dikuras. Termasuk gram-gram yang sulit dihilangkan. 

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2