Toyota Ungkap Yaris Cross 2021, Begini Bocoran Spesifikasi dan Tampilannya

Dani M Dahwilani ยท Jumat, 24 April 2020 - 08:45 WIB
Toyota Ungkap Yaris Cross 2021, Begini Bocoran Spesifikasi dan Tampilannya

Berada di bawah Toyota C-HR, Yaris Cross memiliki jarak sumbu roda 100,7 inci yang sama dengan Yaris hatchback baru, tetapi secara keseluruhan lebih panjang 9,4 inci. (Foto: Carbuzz)

TOKYO, iNews.id - Toyota pada awalnya berencana meluncurkan crossover kompak terbaru di Geneva Motor Show 2020. Tapi pandemi virus corona memaksa raksasa mobil Jepang itu menunda debutnya.

Mobil apakah itu? Dia adalah Toyota Yaris Cross 2021. Model ini didasarkan pada platform mobil kompak GA-B baru Toyota dan dirancang untuk memenuhi persyaratan segmen B-SUV Eropa.

Dilansir dari Carbuzz, Jumat (24/4/2020), Toyota memelopori penggunaan powertrain hybrid di mobil segmen-B dengan hatchback Toyota Yaris pada 2012, dan teknologi ini telah dibawa ke Yaris Cross.

Baik Yaris hatcback dan Yaris Cross adalah model Toyota pertama yang memanfaatkan sistem hybrid Toyota 1.5 yang dikembangkan langsung dari powertrain 2.0 dan 2.5 liter yang lebih besar digunakan Corolla, C-HR, RAV4 dan Camry.

Pengaturan ini memasangkan motor listrik dengan mesin bensin Atkinson-cycle 1,5-liter, tiga-silinder, efisiensi termal berperingkat 40 persen, lebih besar daripada mesin diesel sebanding. Gabungan pengaturan ini, menghasilkan 116 tenaga kuda. Dalam efisiensi, model penggerak roda depan dimulai dari di bawah 120 g/km CO2 dan versi AWD-i dari di bawah 135 g/km berdasarkan pada siklus WLTP.

Berada di bawah Toyota C-HR, Yaris Cross memiliki jarak sumbu roda 100,7 inci yang sama dengan Yaris hatchback baru, tetapi secara keseluruhan lebih panjang 9,4 inci. Overhang depan juga 2,3 inci lebih panjang dan tujuh inci ekstra telah ditambahkan ke belakang, menghasilkan ruang interior lebih luas.

Kapasitas kargo belum dikonfirmasi, tetapi Toyota mengklaim Yaris Cross memiliki volume bagasi besar dengan kursi-kursi naik. Jika lebih banyak ruang kargo diperlukan, crossover perkotaan memiliki 40:20:40 kursi belakang lipat-lipat.

Foto: Carbuzz
Foto: Carbuzz

Editor : Dani Dahwilani