Truk Listrik Nikola Tre Meluncur di Eropa, Begini Spesifikasinya

Dani M Dahwilani ยท Kamis, 05 Desember 2019 - 21:35 WIB
Truk Listrik Nikola Tre Meluncur di Eropa, Begini Spesifikasinya

Nikola dan Iveco meluncurkan truk listrik pertama untuk pasar Eropa, bernama Nikola Tre. (Foto: Carscoops)

MADRID, iNews.id - Tiga bulan setelah pengumuman kemitraan, Nikola dan Iveco meluncurkan truk listrik pertama mereka untuk pasar Eropa, bernama Nikola Tre. Seperti apa mobil ini?

Dilansir dari Carscoops, Kamis (5/12/2019), Nikola Tre adalah model berbeda berdasarkan truk tugas berat Iveco, S-Way yang diluncurkan di Madrid, Spanyol, pada Juli lalu.

Nikola Tre mengintegrasikan teknologi listrik Nikola yang canggih dan sistem infotainment eksklusif generasi baru yang secara signifikan mengubah tampilan dasbor dibandingkan dengan S-Way.

Integrasi desain Nikola pada Iveco S-Way telah dilakukan bersama Italdesign. Di mana rumah desain Italia itu juga menandatangani maquette pertama Nikola Tre yang diresmikan pada April 2019.

Untuk jantung pacu, Nikola Tre mengemas sistem baterai modular berkapasitas hingga 720 kWh, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Kendaraan yang ditampilkan dalam peluncuran adalah Nikola Tre 4×2, yang menawarkan jangkauan hingga 400 km (248 mil).

Truk Listrik Nikola Tre. (Foto: Carscoops)
Truk Listrik Nikola Tre. (Foto: Carscoops)

 

Sistem infotainment mengintegrasikan kontrol iklim, penyesuaian spion, penyesuaian ketinggian suspensi, sistem kamera 360 derajat, navigasi, sistem audio Bluetooth, pengaturan kendaraan dan admin diagnostik kendaraan

Motor listrik pada mobil ini menghasilkan output daya berkelanjutan 480 KW (644 HP/653 PS) dan torsi puncak 1.800 Nm (1.328 lb-ft). Truk ini juga akan tersedia dalam versi 2 dan 3 gandar, dengan daya muat berkisar antara 18 hingga 26 ton (39.683 - 57.320 lbs).

Nikola Motor Company menjanjikan kinerja dinamis setara atau lebih baik dari model diesel. Debut model produksi Nikola Tre akan hadir dalam pameran kendaraan komersial IAA 2020 di Hannover, Jerman. Belum disebutkan berapa harganya, namun unit pertama mobil ini dijadwalkan sampai ke tangan pelanggan pada 2021.Menariknya, Nikola mengatakan Tre listrik adalah langkah pertama di jalur menuju model kendaraan listrik berbahan bakar sel (FCEV) yang akan akan tersedia pada 2023.


Editor : Dani Dahwilani