Truk Sampah di Paris Berteknologi Canggih dan Bertenaga Listrik

Riyandy Aristyo ยท Senin, 13 Juli 2020 - 14:14 WIB
Truk Sampah di Paris Berteknologi Canggih dan Bertenaga Listrik

Truk sampah di Paris berteknologi canggih dan bertenaga listrik. (Foto: Thetruckexpert)

PARIS, iNews.id - Renault baru saja merilis truk berteknologi canggih dan bertenaga listrik di Prancis. Menariknya, truk bernama Renault D Wide ZE ini digunakan sebagai armada pengangkut sampah.

Dilansir dari The Truck Express, Senin (13/7/2020), Renault mengatakan, truk ramah lingkungan yang digunakan untuk mengangkut limbah rumah tangga ini merupakan tipe truk 26 ton, yang diproduksi secara lokal di Blainville-Sur-Orne, Prancis.

"Truk model itu adalah hasil kemitraan SUEZ dengan Renault Trucks. Kami telah lama bekerja dengan SUEZ, pemimpin bisnis lingkungan di Prancis untuk mengembangkan solusi 100 persen listrik. Kepercayaan kami adalah kunci untuk mengembangkan proyek strategis," kata Direktur Energi Alternatif Renault Trucks Prancis, Olivier Metzger.

Perusahaan pengelola limbah akan menikmati sejumlah manfaat dari truk listrik ini. Misalnya, tidak memerlukan dana untuk bahan bakar yang diganti dengan pengisian daya listrik, serta lebih hemat kampas rem karena deselerasi truk dibantu motor listrik.

Selain itu, truk listrik pengangkut sampah yang beroperasi setiap hari di Paris ini tidak akan mengeluarkan suara mesin yang bising, tidak seperti truk bermesin diesel pada umumnya. Artinya, kenyamanan warga Paris tetap terjaga.

Editor : Tuty Ocktaviany