Virus Corona Meluas, Suzuki Pastikan Stok Kendaraan dan Komponen Aman

Dani M Dahwilani ยท Rabu, 08 April 2020 - 23:01 WIB
Virus Corona Meluas, Suzuki Pastikan Stok Kendaraan dan Komponen Aman

Suzuki pastikan stok kendaraan dan komponen aman karena rata-rata konten lokal perusahaan sangat tinggi. (Foto: Dok/iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Wabah virus corona (Covid-19) telah memukul sendi-sendi industri otomotif. Bahkan, sejumlah produsen otomotif terpaksa menghentikan sementara produksi kendaraan.

Salah satunya Suzuki. Pabrikan otomotif asal Jepang ini akan menghentikan sementara produksi selama dua pekan, pada 13-24 April 2020 di tiga lokasi pabriknya, yaitu Cakung, Tambun, dan Cikarang

Bagaimana dengan stok komponen dan ketersediaan suku cadang? "Stok kita masih ada, yang dikhawatirkan adalah barang-barang impor dalam beberapa bulan ke depan. Namun, saat ini dari seluruh model-model yang dijual, hanya 30 persen impor, selebihnya produk dalam negeri," ujar Head of PR and Digital Strategic Planning Dept PT Suzuki Indomobil Sales, Rudiansyah saat berbincang dengan wartawan otomotif melalui video conference di aplikasi Zoom.

Pria yang akrab disapa Rudi ini mengungkapkan, rata-rata konten lokal Suzuki sudah sangat tinggi. "Dari situ kita melihat ketersediaan sparepart masih aman. Bahkan, konten lokal kita sampai 85 persen," katanya.

Terkait penjualan, Rudi menyebutkan, penjualan masih normal dan kendaraan komersial menjadi tumpuan. "Asumsi pribadi saya penjualan masih normal. Ada beberapa model yang masih bisa kita harapkan, khususnya di segmen komersial. Operasional masih berjalan normal," ujarnya.

"Perjalanan distribusi model baru juga masih berjalan lancar. Intinya kalau habis launching unit sudah ready buat dibeli," kata Rudi.

Editor : Dani Dahwilani