Volkswagen Jual Bugatti ke Pengusaha Kroasia Mate Rimac

Riyandy Aristyo ยท Selasa, 22 September 2020 - 11:15 WIB
Volkswagen Jual Bugatti ke Pengusaha Kroasia Mate Rimac

Akuisisi Bugatti, Mate Rimac memiliki perusahaan Rimac Automobili dan sudah membangun mobil listrik. (Foto: Motor1)

MOLSHEIM, iNews.id - Brand supercar mewah asal Prancis, Bugatti dikabarkan bakal dijual kepada pengusaha Kroasia, Mate Rimac. Saat ini, Bugatti berada di bawah naungan Volkswagen Group.

Dikutip dari Motor1, Selasa (22/9/2020), rencananya proses serah terima Bugatti ke Mate Rimac akan dibahas Volkswagen pada akhir tahun ini. Namun, baik Bugatti, Mate Rimac maupun Volkswagen masih enggan memberikan komentar.

Mate Rimac sebenarnya bukan nama baru di dunia otomotif. Sejak 2009, dia memiliki perusahaan Rimac Automobili dan sudah membangun mobil listrik.

Tak hanya itu, Rimac juga telah mengembangkan platform supercar listrik yang dipasok ke produsen mobil lain, termasuk Automobili Pininfarina.

Volkswagen Group dan Rimac sudah menjalin kedekatan sejak lama. Bahkan, Porsche tercatat membeli saham Rimac untuk mengembangkan mobil listriknya.

Pada 2018, Porsche mengakuisisi 10 persen saham di Rimac Automobili dan membeli 5,5 persen lagi satu tahun berikutnya.

Di sisi lain, Volkswagen sudah tak tertarik untuk menggelontorkan dana ke Bugatti setelah kepergian Ferdinand Piece pada 2015. Semua sumber dana Volkswagen akan dicurahkan untuk mendanai program investasi besar-besaran di masa depan, yakni elektrifikasi, digitalisasi, dan mengemudi otonom.

Editor : Dani Dahwilani