7 Hal Penting dalam Modifikasi Custom Motor Cafe Racer, Nomor 5 Krusial

Rilo Pambudi ยท Kamis, 30 Juni 2022 - 19:38:00 WIB
7 Hal Penting dalam Modifikasi Custom Motor Cafe Racer, Nomor 5 Krusial
Hal Penting dalam Modifikasi Custom Motor Cafe Racer (Foto: Instagram @caferacerindonesia)

JAKARTA, iNews.id - Langkah-langkah dalam modifikasi custom motor cafe racer akan menjadi informasi yang menarik. Bagi pecinta otomotif, aliran custom cafe racer tentu sudah tidak asing lagi.

Motor custom jenis cafe racer juga cocok bagi penyuka motor balap klasik. Pasalnya, tampilan style cafe racer secara visual nyaris sama persis dengan motor balap Grand Prix era 60-an.

Ciri khas lain yang dapat diidentifikasi dari sebuah motor custom aliran cafe racer adalah stang yang umumnya memakai tipe underyoke yang diposisikan di bawah  fork.

Hal menonjol lain adalah pada bagian jok belakang yang sepintas mirip buntut tawon atau sering disebut sebagai 'jok hornet'. Tangki bahan bakar biasanya agak memanjang dan sejajar dengan bagian ekor. Hal itu tak lain adalah untuk memberikan kesan tampilan bodi yang minimalis.

Ada yang beranggapan bahwa cafe racer tidak cocok digunakan sebagai motor sehari-hari. Pasalnya, motor ini memang pada dasarnya mengadopsi gaya motor balap.

Dilansir iNews.id dari Return of teh Cafe Racer, Selasa (21/6/2022),  ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan modifikasi custom cafe racer. Lantas apa saja tips dalam membangun custom motor cafe racer? Berikut ini adalah 7 faktor penting yang harus perhatikan dengan baik.

7 Hal Penting dalam Modifikasi Custom Motor Cafe Racer:

1. Pengetahuan tentang otomotif.

Jika ingin custom kendaraan, pengetahuan tentang otomotif ini sangat penting. Terutama yang menyangkut soal tentang mekanik dan fabrikasi sepeda motor.

2. Motor yang Ingin Dicustom

Sepeda motor yang paling terjangkau untuk dikustomisasi menjadi cafe racer adalah sepeda jadul. Honda CB dalam kapasitas 350, 360, 500, 550 dan 750 dianggap cukup cocok untuk dimodifikasi jadi cafe racer.

Yamaha memiliki seri XS, dalam kapasitas 360, 400 atau 650. Selain itu, ada juga SR400 dan SR500, atau bahkan Virago. Namun, menentukan motor bahan itu tentu tergantung selera dan kemampuan masing-masing. Tak sedikit juga motor-motor terbaru seperti Yamaha XSR yang dicustom menjadi cafe racer.

3. Estimasi Waktu

Berapa lama waktu yang harus menghabiskan untuk sebuah proyek custom juga harus diperhitungkan. Mulai dari perencanaan bahan hingga pengerjaan.

4. Perencanaan Bahan

Sebelum melakukan custom, penting untuk mempelajari terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan motor bahan yang akan dimodifikasi.

Pastikan semua komponen motor dalam kondisi yang baik, seperti sasis, mesin, dan seluruh part kustom.  Selain itu, siapkan juga desain jadi yang diinginkan agar mekanik memiliki gambaran utuh mengenai hasilnya kustomisasi nanti.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda