Ada Gumpalan Putih pada Kutub Aki Motor, Segera Dibersihkan

Riyandy Aristyo ยท Sabtu, 27 Juli 2019 - 18:38 WIB
Ada Gumpalan Putih pada Kutub Aki Motor, Segera Dibersihkan

Pentingnya perawatan pada kutub aki motor (Foto : Jalopnik.com)

TANGERANG, iNews.id - Aki merupakan salah satu bagian yang paling penting pada kendaraan. Sudah sepantasnya, aki juga perlu perawatan agar tidak terjadi korosi atau munculnya gumpalan putih di kedua kutub aki.

Chief Executive Officer MPMParts, Momog Irnawan mengatakan, kalau ternyata aki di motor sudah timbul gumpalan serbuk putih di kedua kutubnya, segera dibersihkan. Jika tidak, akan membuat listrik aki tidak stabil dan rawan tekor.

"Timbulnya gumpalan tersebut memang tidak dapat dihindari. Hal itu biasanya merupakan efek dari cairan aki yang menguap," kata Momog saat ditemui iNews.id di ICE, BSD, Tangerang, baru-baru ini.

Tak hanya aki basah saja, ternyata risiko penguapan juga sering ditemui pada jenis aki kering. Namun, aki jenis basah yang paling cepat terkena dampak korosi.

Momog menyarankan, sebelum proses pembersihan dimulai, lepas terlebih dahulu aki motor dari kedua kutub yang terpasang supaya aman. Bersihkan dengan menggunakan sikat gigi atau amplas.

"Kalau sudah dikeluarkan dari motor, selanjutnya bersihkan kedua kutub aki dengan air soda atau cairan penetran sambil disikat pakai amplas atau sikat gigi bekas," katanya.

Apabila sudah disikat dan gumpalan putih sudah tak terlihat, segera bilas dengan air kemudian keringkan sampai benar-benar kering kedua kutub aki tersebut menggunakan kain lap kering.

"Agar kondisinya tetap terjaga, lakukan pemeriksaan tiap 6 bulan sekali dan bersihkan kembali jika perlu. Jika secara fisik ada retakan atau kebocoran di bagian kutub atau plastik rumah aki, maka sebaiknya aki diganti baru," katanya lagi.


Editor : Vien Dimyati