Apa Itu PGM-FI pada Sepeda Motor? Ternyata Ini Fungsinya untuk Mesin

Bertold Ananda · Kamis, 25 November 2021 - 06:52:00 WIB
Apa Itu PGM-FI pada Sepeda Motor? Ternyata Ini Fungsinya untuk Mesin
PGM-FI merupakan singkatam dari Programed Fuel Injection pada sepeda motor. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Apa itu PGM-FI pada kendaraan motor? Pastinya Anda sering melihat motor berstiker PGM-FI. 

Itu bukan stiker biasa. PGM-FI merupakan singkatan dari Programed Fuel Injection. Teknologi tersebut berfungsi mengatur sistem suplai bahan bakar dengan teknologi kontrol elektronik yang bekerja memasok bahan bakar dan oksigen secara optimal sesuai kebutuhan mesin di setiap keadaan.

Teknologi PGM-GI diklaim dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar lebih baik. Apa itu PGM-FI dan bagaimana cara kerjanya dalam mengkontrol bahan bakar? 

Dalam ruang bakar mesin teknologi PGM-FI terbagi dalam tiga sub-sistem, yaitu: 

1. Sistem pemasukan udara (air intake) 

Sistem ini berguna untuk mengatur volume udara yang disuplai ke mesin.

2. Sistem suplai bahan bakar

Sistem ini berungsi sebagai mengirim bahan bakar yang telah diatur melalui lubang kecil yang terdapat di injektor. Kemudian injektor menyemprotkan secara menyeluruh bahan bakar keruang mesin untuk membuat mesin bekerja dengan optimal tanpa menyedot bensin terlalu banyak.  

Berbeda dengan motor yang menggunakan karburator yang mekanismenya menyedot bahan bakar sehingga efisiensi bahan bakar menjadi cukup boros.

3. Sistem kontrol di atur ECM  

Teknologi PGM-FI juga diatur melalui sistem  Engine Control Module (ECM). Ini berguna untuk mengontrol volume bahan bakar dan waktu penginjeksian berdasarkan sinyal dari berbagai sensor. 

Bukan tanpa sebab pihak pabrikan membuat teknologi PGM-FI dan disematkan ke dalam kendaraan barunya.

Pembaruan teknologi ini membuat motor ramah lingkungan, irit bahan bakar namun tidak mengurangi performa. Ini disebabkan karena perbandingan antara suplai bahan bakar, udara dan pengapian di atur secara otomatis oleh sensor elektronik. 

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: