Bagi Pengguna Motor Matik, Perhatikan Komponen Ini Pascamudik
JAKARTA, iNews.id - Dalam beberapa tahun belakangan, jumlah pemudik menggunakan sepeda motor selalu mendominasi. Alasannya, mudik dengan motor lebih irit dan praktis dibandingkan memakai mobil atau transportasi umum.
Namun, harus diperhatikan para pemudik yang menggunakan sepeda motor untuk segera memeriksakan kondisi kendaraannya usai menempuh jarak jauh dari kampung halaman. Di mana salah satu kendaraan yang saat ini banyak digunakan adalah skuter matik.
"Walaupun perawatan motor lebih simpel dan mudah dibandingkan mobil, tapi ada beberapa bagian yang tidak boleh luput dari perhatian," ujar Anjas Marbun, pemilik bengkel Beji's Motor saat dihubungi iNews.id via telepon, beberapa waktu lalu.
Anjas menyarankan untuk mengecek beberapa bagian penting motor matik agar tetap prima walaupun sudah melalui perjalanan jauh, antara lain:
1. Rem
Periksa kondisi rem depan dan belakang. Pastikan komponen keselamatan berkendara ini bekerja maksimal. Periksa kondisi tromol, kampas rem dan piringan cakram.
"Rem biasanya cepat habis kalau dipakai stop and go, atau berhenti kemudian jalan secara terus-terusan di jalur yang macet," kata Anjas.
2. Oli mesin
Walaupun umumnya oli diganti setelah menempuh jarak ribuan kilometer, namun pergantian oli lebih awal dianjurkan guna menjaga kondisi mesin tetap prima dan mencegah kerusakan.
"Setelah dipakai mudik, sebaiknya langsung ganti oli saja. Walaupun cuma dipakai ratusan kilometer, tapi oli bisa menjadi lebih encer karena mesin terus-terusan bekerja untuk melumasi mesin," ujar Anjas.
3. Suspensi
Jangan lupa mengecek kondisi suspensi kendaraan yang bisa saja rusak jika sepeda motor melintasi jalan bergelombang dan membawa muatan berat.
"Perhatikan per-per pada motor apabila ada pasir yang menempel di tabung suspensi, segera dibersihkan guna menghindari kerusakan seal dan membuat oli shockbreaker bocor," kata Anjas.
4. Cek V-belt
Bagi pengguna motor matic bisa memeriksakan V-belt (tali kipas dalam CVT) dan kondisi roller yang ada di dalamnya. "Buka CVT untuk dibersihkan sekaligus memeriksa V-belt sama roller-rollernya," kata Anjas.
5. Kelistrikan
Periksa kembali sistem kelistrikan, lampu utama, lampu rem dan lampu sign motor setelah digunakan mudik dan balik ke Jakarta. "Banyak juga yang minta ganti lampu depan soalnya lampu itu nyala terus-terusan siang-malam selama perjalanan," ujarnya
6. Ban dan velg
Periksa kondisi ketebalan dan alur ban setelah mudik. Bersihkan ban dari kerikil yang menancap di sela-sela alur ban karena jika dibiarkan terpendam bisa menimbulkan kebocoran. Lingkar dan jari-jari velg juga harus diperiksa terutama bagi pemudik yang melintasi jalur bergelombang nonaspal.
7. Injektor
Setelah dipakai jarak jauh, sebaiknya periksa sistem injeksi motor sehingga alur pembakaran bahan bakar dapat berfungsi maksimal.
8. Kencangkan mur dan baut
Hal sepele tapi penting adalah mengencangkan mur dan baut pada bodi motor setelah digunakan mudik. Mur dan baut pada bodi motor bisa mengendur jika dipaksa mengangkut beban berat saat mudik. Untuk keamanan cek lebih detail bagian vital ini.
Editor: Dani M Dahwilani