Berkenalan dengan Poimo, Skuter Listrik yang Bisa Mengembang dan Mengempis

Riyandy Aristyo ยท Sabtu, 13 Juni 2020 - 15:01 WIB
Berkenalan dengan Poimo, Skuter Listrik yang Bisa Mengembang dan Mengempis

Skuter listrik Poimo (Foto: Dezeen)

TOKYO, iNews.id - Perkembangan teknologi alat transportasi dari masa ke masa semakin canggih. Salah satunya adalah skuter listrik yang dapat mengembang dan mengempis layaknya balon udara.

Dilansir dari Dezeen, Sabtu (13/6/2020), selain tenaga listrik, skuter bernama Poimo (Portable and Inflatable Mobility) ini juga memerlukan tenaga udara untuk mengembangkannya dan bisa menjadi tas punggung saat kempis.

Bahan utama skuter ini menggunakan thermoplastic polyurethane (TPU) atau material yang biasa digunakan untuk membuat kasur angin. Idenya ditemukan oleh sekelompok mahasiswa di University of Tokyo, Jepang.

Skuter dengan bobot 5,5 kg ini terdiri dari setang, baterai, ban, body yang bisa mengembang, dan katup untuk mengisi udara. Butuh waktu sekitar 5 menit dari kondisi kempis hingga mengembang agar siap dikendarai.

Skuter ini tidak ditujukan untuk dikendarai di jalan raya tapi sebagai alternatif bagi orang yang tidak ingin berjalan kaki dalam area kecil, seperti di dalam mall, sekitar kampus, perkantoran, dan lain-lain.

Poimo hanya dapat dinaiki oleh satu orang dengan berat badan tidak lebih dari 80 kg. Performanya cukup stabil dan sangat aman saat dikendarai karena bahannya yang empuk.

Sayangnya, skuter listrik ini masih sebatas konsep dan perlu pengembangan lebih lanjut untuk menjadi skuter masa depan. Selain skuter, mahasiswa-mahasiswa dari University of Tokyo ini juga mengembangkan kendaraan sejenis dengan model berbeda. Tentu dengan bahan yang aman juga.

 

Editor : Dini Listiyani