Bikin Kaget, Ini Alasan Honda Belum Berani Luncurkan Motor Listrik

Muhamad Fadli Ramadan · Rabu, 21 September 2022 - 10:05:00 WIB
Bikin Kaget, Ini Alasan Honda Belum Berani Luncurkan Motor Listrik
Pemerintah terus dorong elektrifikasi, Astra Honda Motor (AHM) memiliki alasan tersendiri mengapa belum berani meluncurkan motor listrik. (Foto: Honda)

JAKARTA, iNews.id – PT Astra Honda Motor (AHM) memiliki alasan tersendiri mengapa belum meluncurkan motor listrik. Meski, beberapa waktu lalu mereka telah menyatakan bakal memperkenalkan 10 model motor listrik pada akhir tahun ini rencananya berubah.

Perkembangan motor listrik di Indonesia begitu cepat seiring dengan akselerasi yang dilakukan pemerintah dan lahirnya pabrikan baru dalam negeri yang memperkenalkan produknya. AISI mencatat sedikitnya ada 43 produsen motor listrik minus Kawasaki dan Suzuki.

Marketing Director PT AHM Tetsuya Komine menjelaskan pihaknya tak ingin terburu-buru meluncurkan motor listrik. Pabrikan asal Jepang itu ingin memempelajari strategi kendaraan listrik di Indonsia.

“Beberapa waktu lalu, Honda Motor Jepang menjabarkan strategi motor listrik secara global. AHM akan mengumumkan strateginya secara konkret pada akhir tahun ini,” kata Komine di Plant 5 Honda Karawang, Jawa Barat, baru-baru ini.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengeluarkan aturan tentang percepatan transisi dari kendaraan konvensional ke kendaraan listrik. Bahkan, Inpres juga telah dikeluarkan yang mewajibkan pejabat pemerintah menggunakan kendaraan listrik.

“Kami menyadari dorongan pemerintah tentang elektrifikasi. Jadi kami akan berusaha keras demi mendukung apa yang digagas pemerintah,” ujar Komine.

Dalam kesempatan yang sama, Marketing Director AHM Thomas Wijaya juga belum bisa mengkonfirmasi kapan motor listrik produksi Honda bisa mengaspal. Dia menyampaikan hal sama Honda sedang mempelajari strategi kendaraan listrik.

“Ada banyak hal yang harus kami pelajari. Ini bukan hanya tentang mengeluarkan motor listrik, tapi juga tentang ekosistem lokasi pengisian baterai atau swap baterai harus kami pikirkan,” kata Thomas.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda