Bukan Jakarta, Kota Motor Listrik Berada di Papua

Andaru Danurdana · Senin, 09 Mei 2022 - 14:28:00 WIB
Bukan Jakarta, Kota Motor Listrik Berada di Papua
Kota motor listrik bukan Jakarta, melainkan Agats, berlokasi di Kabupaten Asmat, Papua. Tampak, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkeliling menggunakan motor listrik pada 2018.(Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id – Sepeda motor listrik adalah salah satu moda transportasi ramah lingkungan yang terus didorong eksistensinya di Indonesia. Bahkan, ada salah satu kota yang mendapat julukan Kota Motor Listrik.

Kota manakah itu? Jawabannya bukan Jakarta. Kota tersebut adalah Agats, berlokasi di Kabupaten Asmat yang menjadi bagian dari Provinsi Papua. Meski merupakan daerah yang jauh dari pemandangan kota besar dan gedung bertingkat, masyarakat di daerah terpencil tersebut lebih banyak menggunakan motor listrik.

Sebagai pulau yang sulit dijangkau pemerintah pusat, Papua seringkali mengalami kesulitan bahan bakar minyak (BBM), mulai dari harga yang tinggi hingga kurangnya suplai. Alhasil, motor listrik lebih banyak dipilih karena sumber tenaga lebih mudah.

Berbeda dari Jakarta, penggunaan motor listrik masih sebatas kampanye ramah lingkungan, di Kota Agats motor listrik adalah pemandangan lumrah. Saking banyaknya motor listrik di Agats, beberapa titik Kabupaten Asmat kini sudah memiliki Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) untuk para pengendara.

Bahkan, dalam kunjungan kerjanya ke Asmat, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat berkeliling menggunakan motor listrik. Kini, motor listrik yang digunakan Presiden Jokowi disimpan di Museum Kebudayaan dan Kemajuan Asmat.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda