Cara Ganti Lampu Motor dari Halogen Menjadi LED

Bertold Ananda · Senin, 29 November 2021 - 11:34:00 WIB
Cara Ganti Lampu Motor dari Halogen Menjadi LED
Jika lampu mati bukan hanya mengganggu vislibitas berkendara di malam hari atau kondisi jalan berkabut, tapi juga bisa menimbulkan kecelakaan lalu lintas. (Foto: YouTube)

JAKARTA, iNews.id - Pengetahuan tentang cara mengganti lampu motor dibutuhkan saat kondisi darurat. Terlebih, lampu merupakan komponen yang wajib dipasang pada kendaraan dan harus berfungsi dengan baik. 

Jika lampu mati bukan hanya mengganggu vislibitas berkendara di malam hari atau kondisi jalan berkabut, tapi juga bisa menimbulkan kecelakaan lalu lintas. Selain berfungsi sebagai penerang, lampu juga sebgai rambu atau bahasa isyarat antar pengendara di jalan.  

Bila mati segera ganti dengan model lampu yang sama sebelumnya (halogen) atau dengan kualitas yang lebih bagus seperti LED. Bagaimana cara ganti lampu motor? Berikut ulasannya.

1. Siapkan peralatan dan kunci-kunci

Pertama yang perlu disiapkan alat membongkar dan memasang rumah lampu, seperti kunci-kunci dan perkakas lainnya. Alat yang dibutuhkan saat ingin mengganti lampu utama motor, yaitu obeng, kuas dan solatip.

3.  Posisikan motor pada standar tengah

Terdapat alasan mengapa posisi motor harus standar tengah saat dilakukan penggantian lampu. Ini untuk mempermudah saat pembongkaran. Apalagi posisi lampu utama motor umumnya dipadati banyak kabel dan soket sehingga ruang untuk tangan bergerak terbatas.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: