Cara Membaca Odometer pada Sepeda Motor yang Wajib Diketahui Pengendara

Tangguh Yudha ยท Sabtu, 21 Mei 2022 - 16:46:00 WIB
Cara Membaca Odometer pada Sepeda Motor yang Wajib Diketahui Pengendara
Cara membaca Odometer (Foto: Zigwheels)

JAKARTA, iNews.id - Cara membaca odometer pada sepeda motor tidak terlalu sulit. Setiap motor pastinya akan dilengkapi dengan yang namanya odometer. Bagi yang asing, odometer letaknya bersebelahan dengan speedometer, tachometer dan informasi tangki bensin.

Untuk diketahui, odometer berfungsi sebagai petunjuk jumlah keseluruhan jarak yang telah ditempuh oleh motor. Odometer sangat penting sebagai patokan apakah motor sudah wajib diservis atau belum.

Selain itu, odometer berfungsi sebagai indikator pertimbangan saat membeli motor bekas. Odometer ini akan menunjukkan jarak yang sudah ditempuh oleh motor tersebut yang juga akan menentukan harganya.

Sayangnya, masih banyak yang belum bisa membaca odometer di motor. Hal ini tentu akan memengaruhi performa pada motor lantaran waktu servis motor menjadi tidak teratur.

Nah untuk membaca odometer dengan benar, simak ulasan berikut, seperti dilansir dari laman resmi Suzuki, Sabtu (21/5/2022).

Odometer menggunakan satuan kilometer atau KM. Sebagai contoh, apabila kendaraan menunjukkan angka 20560 maka artinya kendaraan tersebut telah menempuh jarak 20.560 kilometer.

Editor : Vien Dimyati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: