Cara Membersihkan Blok Mesin Sepeda Motor, Ini Peralatan dan Cairan yang Perlu Disiapkan

Tangguh Yudha ยท Jumat, 13 Mei 2022 - 13:51:00 WIB
Cara Membersihkan Blok Mesin Sepeda Motor, Ini Peralatan dan Cairan yang Perlu Disiapkan
Selain untuk menjaga tampilan kendaraan, membersihkan blok mesin penting dilakukan agar motor terhindar dari korosi akibat karat. (Foto: Tangkapan Layar Istimewa/Ist)

JAKARTA, iNews.id - Bagi para biker penting mengetahui cara membersihkan blok mesin sepeda motor. Selain untuk menjaga tampilan kendaraan, membersihkan blok mesin penting dilakukan agar motor terhindar dari korosi akibat karat.

Jadi membersihkan blok mesin tidak harus dilakukan di salon atau bengkel motor. Kalian bisa melakukannyan sendiri di rumah. 

Bagaimana caranya? Dilansir dari laman Suzuki, Jumat (13/5/2022), berikut peralatan yang dibutuhkan dan cara membersihkan blok mesin sepeda motor.

Langkah pertama, pastikan seluruh peralatan yang dibutuhkan lengkap agar proses pembersihan berjalan lancar. 

- Sikat gigi
- Kuas cat
- Mangkok plastik
- Amplas halus
- Bensin
- Sabun (cairan pembersih/detergen)
- Metal polish

Langkah berikutnya, membersihkan blok mesin. Cuci motor terlebih dulu agar proses pembersihan lebih mudah. Adapun langkah-langkah membersihkan blok mesin adalah sebagai berikut:

1. Siapkan larutan pembersih

Siapkan larutan pembersih blok mesin khusus motor. Larutan juga bisa dibuat sendiri menggunakan bahan-bahan yang sudah disebutkan di atas, yaitu bensin dan sabun (cairan pembersih/detergen). Cara membuat campuran pembersih ini cukup mudah.

Pertama, siapkan mangkok plastik atau wadah sejenisnya. Lalu tuangkan bensin sekitar setengah gelas. Setelah itu, campur dengan cairan pembersih piring secukupnya, aduk rata, dan larutan pembersih siap digunakan.

2. Oles permukaan blok mesin dengan cairan Pembersih

Jika larutan pembersih sudah siap, oleskan ke seluruh bagian blok mesin. Untuk mengoleskan larutan pembersih ini bisa dilakukan dengan menggunakan kuas cat. Pastikan seluruh bagian blok mesin diolesi secara merata.

Untuk bagian yang sulit, seperti sela-sela permukaan yang sulit dijangkau, bisa menggunakan sikat gigi. Setelah semua bagian diolesi larutan pembersih diamkan beberapa saat.

Ini bertujuan agar cairan pembersih bisa meresap masuk ke seluruh bagian blok motor, sehingga semua kotoran bisa terangkat. Setelah itu, sapu blok mesin menggunakan kuas dan sikat gigi. Ulangi hingga benar-benar bersih.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: