Ducati Multistrada V4 RS Mengaspal di Indonesia, Mesin Sangar Dibanderol Rp1,3 Miliar
JAKARTA, iNews.id - Ducati memboyong motor terbaru ke Indonesia, Multistrada V4 RS. Motor touring ini membawa DNA superbike.
Seperti apa spesifikasi motor sangar ini? Menggabungkan elemen Superbike dan Touring, Multistrada V4 RS menjadi model paling sporty dan eksklusif. Motor ini menggendong jantung pacu Desmosedici Stradale, menawarkan performa unik dengan kopling kering, silencer Akrapovic, serta suspensi Ohlins dan forged rims untuk sensasi berkendara optimal.
“Ditenagai mesin Desmosedici Stradale turunan Panigale V4, Multistrada V4 RS adalah epitome ketika Superbike bertemu dengan Touring. Motor multipurpose memungkinkan pengendara menikmati pengalaman berkendara yang maksimal di sirkuit serta dirancang untuk menghadapi tantangan medan yang tidak rata, memberikan kenyamanan dan stabilitas saat berkendara,” ujar CEO Ducati Indonesia, Jimmy Budhijanto dalam keterangan persnya dilansir Minggu (18/8/2024).
Ducati Multistrada V4 RS memadukan desain khas Multistrada dengan teknologi balap dari sepeda motor supersport khas Borgo Panigale. Dilengkapi dengan komponen serat karbon pada area spakbor depan, hand guard, heat shield, dan paruh depan, memberikan kontras menarik dengan livery Iceberg White.
Ekor techno-polymer yang ringan dan rangka penyangga jok titanium menonjolkan tampilan sporty dan mengurangi bobot hingga 2,5 kg. Diproduksi dalam seri bernomor, Multistrada V4 RS menampilkan nomor unik pada pelat aluminium anodized hitam dengan bendera Italia.
Multistrada V4 RS adalah satu-satunya di keluarga Multistrada yang menggunakan mesin Desmosedici Stradale 1.103 cc dengan karakter sporty Panigale dan Streetfighter. Mesin ini menghasilkan daya maksimal 180 hp dengan pembatas pada 13.500 rpm.
Motor ini didukung filter udara dari Panigale V4 R dan silencer Akrapovic, memberikan performa optimal dan suara knalpot yang menggetarkan seperti Superbike saat akselerasi tinggi, namun dengan keseimbangan yang tetap terjaga khas Multistrada.
Untuk mengoptimalkan performa Desmosedici, Multistrada V4 RS menggunakan rasio akhir yang dipendekkan tanpa mengubah rasio gigi. Dilengkapi dengan kopling kering STM-EVO SBK dari aluminium billet, komponen ini memperkaya suara knalpot dengan timbre logam khas dan meningkatkan performa.
