Honda Beat Terbaru Punya 2 Tipe CBS dan CBS-ISS, Ini Perbedaannya

Riyandy Aristyo ยท Jumat, 17 Januari 2020 - 13:07 WIB
Honda Beat Terbaru Punya 2 Tipe CBS dan CBS-ISS, Ini Perbedaannya

Idling Stop System (ISS) merupakan sistem yang akan menghentikan mesin motor jika berhenti selama tiga detik, dan bisa langsung hidup lagi saat digas. (Foto: AHM)

JAKARTA, iNews.id - Pasar skuter matik (skutik) Indonesia kembali diramaikan produk baru, All New Honda Beat. Skutik ini hadir dalam dua tipe, yakni CBS dan CBS-ISS. Apa perbedaan kedua tipe ini?

"CBS merupakan singkatan dari Combi Brake System. Sementara ISS adalah singkatan dari Idling Stop System. Kedua fitur ini sudah diterapkan pada skutik Honda lainnya, seperti Vario terbaru dan Genio," ujar Honda R&D Southeast Asia Beat Styling Designer, Aditya Ikranegara di Kemayoran, Jakarta, baru-baru ini.

Secara teknis CBS menggabungkan pengereman depan dan belakang. Ketika pengendara menekan tuas rem sebelah kiri (rem belakang), maka rem depan akan ikut mengerem.

Sementara Idling Stop System (ISS) merupakan sistem yang akan menghentikan mesin motor jika berhenti selama tiga detik, dan bisa langsung hidup lagi saat digas. Jadi tidak perlu starter seperti saat akan menghidupkan motor pertama kali. Sistem ini diklaim dapat memghemat bahan bakar.

Motor matik dengan fitur ISS biasanya dilengkapi tombol untuk on/off sehingga pengendara bisa memilih mau mengaktifkan fitur ISS atau tidak. Pada All New Honda Beat CBS-ISS letak tombolnya ada di handle kanan dengan tulisan Idling.

Untuk All New Honda Beat tipe CBS terdapat empat pilihan, warna yakni Dance White, Techno Blue White, Hard Rock Black, dan Funk Red Black yang dipasarkan dengan harga Rp16.450.000 on the road (OTR) Jakarta.

Sementara tipe CBS-ISS hadir dengan tiga pilihan warna, yakni Garage Black, Electro Blue Black dan Fusion Magenta Black yang dipasarkan dengan harga Rp17.150.000.

Selain itu, varian ini menawarkan tipe Deluxe series (CBS-ISS) dengan dua pilihan warna lain, yakni Deluxe Black dan Deluxe Silver yang dipadukan dengan 3D Emblem. Model ini dipasarkan dengan harga Rp17.250.000.

Sementara All New Honda Beat Street dengan tipe CBS hadir dalam dalam tiga pilihan warna, yakni Street Black, Street Silver dan Street Black Silver. Model ini dipasarkan dengan harga Rp17.150.000.

Editor : Dani Dahwilani