Honda CBR1000RR-R SP Motor Termahal di IIMS 2022 Berdarah MotoGP, Bensin dan Olinya Hanya Boleh Ini
JAKARTA, iNews.id - Honda CBR1000RR-R Fireblade SP menjadi salah satu motor yang mencuri perhatian pengunjung pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022, pada 31 Maret-10 April 2022. Apa keistimewaan motor ini?
Honda CBR1000RR-R adalah motor sport kasta tertinggi yang dimiliki Honda di bawah RC213V-S. Kuda besi canggih ini merupakan motor MotoGP versi jalan raya.
Honda CBR1000RR-R hadir dalam dua varian, yakni tipe STD dan SP. Untuk tipe STD, tersedia dalam warna hitam dibanderol Rp990 juta on the road (OTR) Jakarta. Sementara tipe SP, hadir dengan warna khas Honda Tricolor memiliki harga Rp1,1 miliar.
Untuk dapur pacu motor ini menggedong mesin 999,9 CC DOHC Inline – Four Engine, Liquid-Cooled, 4-Stroke, 16-Valve, 6-Speed, PGM-DSFI (Programmed Dual Sequential Fuel Injection) with Assist Sliper Clutch (same type as applied on RCV 212V) dan Piston & Con-Rod Grading by Weight.
Bagaimana dengan bensin dan olinya, apakah sama dengan motor biasa? Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno mengatakan, kompresi mesin Honda CBR1000RR-R 12,3:1 minimal harus memakai bensin dengan RON 91 atau di atasnya.
"Rasionya 12,3:1 untuk bahan bakar sesuai dengan buku pedoman pemilik di RON 91 atau lebih tinggi. Jadi minimal Pertamax atau lebih tinggi," katanya dalam pres conference virtual.
Sementara untuk pelumas, lanjut Endro, sebagai motor berperforma tinggi pelumas yang digunakan Superior Protection Expert (SPX) 10-30W. "Oli mesin 10-30W lebih encer untuk sistem pelumasan lebih baik dan penanganan dan siruklasi oli lebih lancar," ujarnya.
Ada yang menarik pada desain Honda CBR1000RR-R SP Fireblade ini dengan pemasangan Winglet. Perangkat ini terinspirasi motor MotoGP. Apa fungsinya?
"Winglet bukan sekadar aksesori. Fungsi winglet untuk meningkatkan downforce atau tekanan ke bawah. Downforce yang dihasilkan oleh winglet berguna menekan ban depan agar tidak mengangkat saat akselerasi mendadak," kata Endro.
Spesifikasi Honda CBR1000RR-R Fireblade SP
Suspensi
Suspensi depan upside down OHLINS NIX30 dan suspensi belakang OHLINS TTX36 dengan swingarm tipe “Gul-Wing” berbahan alumunium untuk menghasilkan Balance-Free Rear Cushion. Ban yang digunakan adalah Pirelli Diablo Supercorsa SC Premium.
Teknologi H.E.S.D
Honda Electronic Steering Damper (H.E.S.D), merupakan teknologi canggih yang secara elektronis mengontrol karakteristik damping force berdasarkan kecepatan dan akseslerasi untuk menghasilkan handling kuat dan stabil (pertama di dunia, Hydraulic Steering Damper yang dikontrol secara elektronis).
Alumunium Frame
Jadilah sang juara dengan kelincahan dan pengendalian traksi tak terbandingkan dari rangka ringan bertipe alumunium kembar komposit 4 bagian yang dirancang khusus menyesuaikan suspensi Ohlins.
Sistem Keamanan
Honda Ignition Security System (H.I.S.S) – Immobilizer Honda ciptakan keamanan kelas dunia dengan kunci kontak canggih yang terhubung pada sistem elektronik.
Bracking System
Sistem pengereman canggih Combined-ABS dikontrol secara elektronis, dilengkapi dengan kaliper rem depan BREMBO Monobloc 4 piston (pertama di dunia), teknologi eC-ABS untuk supersport bike.
• Brembo Monobloc Front Caliper: Pengereman kelas dunia dengan cengkraman pakem pada rem cakram dengan kaliper rem depan Brembo monobloc 4 piston.
• Revolutionary ec-ABS: Pertama di dunia dengan pengereman revolusioner, Combined-ABS yang dikontrol secara elektronis sehingga mampu mendistribusi dan menyesuaikan hentakan pengereman pada ban motor.
Sistem Informasi
Tampilkan informasi akurat dari instrumentasi LCD layar penuh lengkap dengan pengukur kecepatan putaran, penghitung perjalanan dan konsumsi bahan bakar, indikator perpindahan 5 tingkat yang dapat disesuaikan, indikator letak gigi dan fungsi memori peak-rpm.
Motor ini dikabarkan baru dimiliki dua orang di Indonesia. Siapa dia? Honda merahasiakannya.
Editor: Dani M Dahwilani