Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : 3 Kasus Sepeda Motor Paling Kontroversial di 2023
Advertisement . Scroll to see content

Honda Jelaskan Bercak Kuning pada Rangka eSAF, Bagaimana Nasib Sasis yang Patah?

Rabu, 23 Agustus 2023 - 18:33:00 WIB
Honda Jelaskan Bercak Kuning pada Rangka eSAF, Bagaimana Nasib Sasis yang Patah?
Kasus bercak kuning pada rangka skutik Honda l. (Foto: Istimewa)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id– PT Astra Honda Motor (AHM) mengonfirmasi berita viral mengenai rangka eSAF (enhanced Smart Arcitechture Frame) mudah berkarat dan patah. Ditegaskan bahwa seluruh rangka yang terpasang pada motor telah melalui uji kualitas.

“Di pasar saat ini ada temuan bercak kuning di motor baru Honda, ada beberapa konsumen yang mengeluh. Kami ingin menyampaikan bahwa bercak ini bukan karat, tapi lapisan Sillicate yang tidak berbahaya dan kropos," kata Ahmad Muhibbuddin, general manager corporate communication AHM, di Cikarang, Jawa Barat Rabu, 23 Agustus 2023.

Silicate merupakan lapisan silicon yang diperlukan saat melakukan pengelasan melalui welding. Namun, silicon yang sifatnya tak menyalurkan listrik, maka saat proses pengecatan melalui sistem elektrolisis tidak terlapisi cat dan berubah warna menjadi kuning mengkilap.

“Mengenai bercak kuning yang lagi viral, kita di factory menyebutnya sebagai silicate itu unsur kimia tabel Si kalau bahasanya sebelum reaksi dia silicon. Proses pengecatan melalui elektrolisis itu tidak bisa menempel, pigmennya gak bisa nempel di lapisan silicon,” ujar Subhan, technical service division AHM.

Sementara untuk kasus rangka eSAF yang patah dan viral di media sosial, Muhib menegaskan Honda sedang berusaha menghubungi pemilik motor. Bahkan, Honda siap untuk menginvestigasi dan melakukan pemeriksaan pada sepeda motor yang bermasalah tersebut.

"Kami sudah dan sedang melalukan itu. Kami berusaha proaktif mendata memverifikasi, mencari pemilik sepeda motor yang menyampaikan permasalahannya melalui medsos. Kami berusaha semaksimal mungkin mendapati informasi konsumen dan sepeda motornya. Kami ingin memeriksanya bersama-sama mengenai apa yang disampaikannya kepada publik," ujar Muhib.

Muhib menegaskan kepada seluruh konsumen Honda yang merasa khawatir bisa datang langsung ke bengkel AHASS. Mereka bisa memeriksakan kondisi motor secara langsung agar mendapatkan keyakinan terhadap produk yang diterimanya.

"Bila ada keluhan dari produk motor Honda, segera datang ke dealer terdekat," ujarnya.

Editor: Ismet Humaedi

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut