Honda Patenkan Desain Motor Retro Pakai Suspensi Gold Wing

Riyandy Aristyo ยท Selasa, 14 April 2020 - 12:43 WIB
Honda Patenkan Desain Motor Retro Pakai Suspensi Gold Wing

Honda baru saja mematenkan desain motor teranyarnya bergaya retro menggunakan suspensi Gold Wing. (Foto Driving)

TOKYO, iNews.id - Honda baru saja mematenkan desain motor teranyarnya. Dilihat dari bocoran gambarnya, motor tersebut memakai bodi C125.

Dikutip dari Driving, Selasa (14/4/2020), jika dilihat secara detail, ada perbedaan yang cukup signifikan dari paten tersebut dengan Honda C125, yakni penggunaan suspensi depan double wishbone. Suspensi ini identik dengan Honda Gold Wing.

Hal ini menarik karena sepeda motor zaman sekarang kebanyakan memakai suspensi teleskopik dan upside down.

Lantas apa keunggulannya dibanding suspensi lain? Suspensi yang umum digunakan pada sepeda motor saat ini memiliki beberapa kekurangan, di antaranya perpindahan berat dan berkurangnya stabilitas motor saat pengereman mendadak.

Berbeda dengan suspensi double wishbone di mana penggunaan peredam kejut mampu menghilangkan kedua kekurangan tadi.

Jika sepeda motor Honda terbaru ini benar-benar mengadopsi suspensi double wishbone, tentu jadi hal yang keren ditambah dengan desain Honda C125 yang lawas. Sayang belum ada informasi resmi kapan paten desain ini direalisasikan.

Sebagai informasi, selain dipakai Honda Gold Wing, penggunaan suspensi double wishbone umumnya digunakan untuk mobil. Ini bertujuan untuk meningkatkan kekerasan dan kestabilan suspensi depan.

Editor : Dani Dahwilani