Bahaya Memakai Hand Sanitizer dalam Mobil

Riyandy Aristyo ยท Senin, 13 April 2020 - 09:31 WIB
Bahaya Memakai Hand Sanitizer dalam Mobil

Pengendara disarankan tidak menggunakan hand sanitizer di dalam mobil, khawatir cipratannya mengenai interior terutama berbahan kulit. (Foto: iNews.id/Dani M Dahwilani)

JAKARTA, iNews.id - Hand sanitizer atau pembersih tangan menjadi barang yang sangat penting untuk mencegah penularan pandemi virus corona (Covid-19). Namun, penggunaan hand sanitizer juga harus diperhatikan terutama saat berada di kendaraan.

Apa bahayanya menggunakan hand sanitizer dalam mobil?

"Hand sanitizer itu terbuat dari bahan yang mengandung alkohol. Kita tahu, alkohol itu berbahaya untuk interior kulit mobil, termasuk alkohol di tangan Anda yang terkna hand sanitizer," ujar pemilik salon mobil Surya Coating Depok, Andi Surya saat dihubungi iNews.id, baru-baru ini.

Andi menyarankan untuk tidak menggunakan hand sanitizer di dalam mobil, khawatir cipratannya mengenai interior terutama yang berbahan kulit. "Kalau ingin pakai hand sanitizer, usahakan sebelum masuk ke dalam mobil pastikan cairan di tangan sudah kering," katanya.

Menurut Andi, menyimpan botol hand sanitizer di dalam mobil juga tidak dianjurkan, terlebih bila cuaca sedang panas. Hal ini bisa membuat ruang kabin mobil jadi berbau dan hand sanitizer menjadi lebih encer.

"Jangan meletakkan hand sanitizer di dalam mobil. Di samping bisa membuat ruang kabin bau, hand sanitizer juga lebih cepat encer," katanya.

Jika interior kulit mobil tak sengaja terkena hand sanitizer, sebaiknya segera dibersihkan (dilap) menggunakan deterjen cair yang dicampur air dan disimpan dalam botol semprot (spray).

"Orang-orang cenderung batuk atau bersin langsung di depan mereka. Misalnya di kursi depan mobil, (arahnya) langsung ke setir dan dashboard. Ingat, jangan dibersihkan pakai hand sanitizer. cukup dilap pakai air sabun," kata Andi.

Editor : Dani Dahwilani