Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Baru Meluncur di GJAW, Motor Listrik eMotor Sprinto Bukukan SPK 500 Unit 
Advertisement . Scroll to see content

Ini Alasan Vespa Elettrica Tak Dilengkapi Standar Samping

Jumat, 25 Agustus 2023 - 21:50:00 WIB
Ini Alasan Vespa Elettrica Tak Dilengkapi Standar Samping
Vespa Elettrica tak dilengkapi standar samping seperti Vespa klasik. (Foto: iNews.id)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.idMotor Listrik Vespa Elettrica dijual oleh PT Piaggio Indonesia (PID) dengan harga Rp198 juta one the road (OTR) Jakarta. Tapi dengan harga yang melampaui mobil LCGC itu, skuter matik ini tak dilengkapi dengan standar samping.

Vespa Eletrrica dijual secara perdana di Asia Pasifik, tepat di Indonesia dengan diimpor secara utuh dari Italia. Hal tersebut membuat skutik listrik ini memiliki produk yang sama persis dengan yang dijual di Negeri Pizza itu, termasuk tidak adanya standar samping.

Ternyata, ada alasan tersendiri mengenai tidak adanya standar samping pada Vespa Elettrica yang dijual di Indonesia. Ayu Hapsari, PR and communications manager PT Piaggio Indonesia, mengatakan ini untuk keselamatan.

“Alasan khususnya pertama karena ini build up, di Italia juga tidak ada. Mungkin mereka pikirkan juga faktor safety-nya karena motor ini terlalu senyap, tidak tahu mesinnya nyala atau tidak, takutnya saat distandar samping (tiba-tiba digas) motor bisa lari,” kata Ayu saat ditemui di Jakarta Selatan, Kamis (24/8/2023).

Hilangnya standar samping pada Vespa Elettrica mengingatkan kita pada Vespa klasik 2-tak yang juga tidak dilengkapi dengan komponen tersebut. Tetapi bagi pengendara di era modern, perangkat satu ini sangat dibutuhkan, terutama bagi wanita karena butuh teknik khusus.

Namun, Vespa Eletrrica memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan Vespa Primavera. Skutik listrik ini memiliki berat 130 kg lengkap dengan baterai, sedangkan bobot kotor Primavera 147 kg.

Skuter listrik ini dibekali oleh baterai lithium-ion jenis LiFePo4 berkapasitas 4,2 kWh dengan jarak tempuh maksimal 100 kilometer. Butuh waktu 4 jam untuk mengisi daya baterai sampai penuh dengan tekanan 220 V.

Baterainya memberikan efisiensi yang sangat baik, yaitu hingga 1.000 siklus pengisian penuh. Bahkan, baterai masih mempertahankan 80 persen kapasitasnya dan tetap dapat digunakan dengan sempurna.

Vespa Elettrica menggunakan motor listrik sebesar 2 kW yang dapat menghasilkan tenaga 4 kW (5,4 hp) dan torsi puncak 200 Nm. Skuter ini juga terbagi dalam dua pilihan, yakni Standard dan RED.

Untuk mengisi daya secara optimal, pengguna cukup menarik kabel dari kompartemen di bawah jok, di mana biasanya terletak tutup bahan bakar, dan menyambungkannya ke stop kontak langsung.

Editor: Ismet Humaedi

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut