Intip Biaya Konversi Motor Bensin Jadi Listrik

Muhamad Fadli Ramadan ยท Sabtu, 03 Desember 2022 - 20:02:00 WIB
Intip Biaya Konversi Motor Bensin Jadi Listrik
Konversi Motor Bensin Jadi Listrik (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Motor listrik saat ini sedang digencarkan untuk mengurangi penggunaan bahan bakar minyak. Maka itu perlu diketahui berapa biaya konversi motor bensin menjadi listrik.

Konversi motor konvensional berbahan bakar minyak menjadi listrik bertenaga baterai menjadi salah satu upaya pemerintah dalam mempercepat transisi ke era elektrifikasi.

Cara ini menjadi salah satu pengurangan limbah kendaraan bekas, karena bodi dan kerangka motor masih bisa digunakan. Bahkan, sistem hybrid juga bisa diterapkan agar mesin pembakaran yang lama tak jadi limbah.

Ikatan Ahli Teknik Otomotif (IATO) menjadi salah satu pelaku konversi dengan menciptakan dua model, yakni konversi motor bensin menjadi full electric dan sistem hybrid di mana mesin pembakaran masih terpasang pada tempatnya.

Sekretaris Jenderal IATO Hari Budianto mengatakan, pihaknya kini menyediakan jasa untuk mengonversi motor. Sedangkan untuk biayanya berkisar Rp13 juta, tergantung permintaan konsumen.

"Sebenarnya biayanya ini bisa macam-macam. Jadi ada beberapa komponen yang perlu dipasang untuk jadi motor listrik, seperti BLDC Motor Hub, adapter, kontroler, baterai, kabel gas, dan sebagainya, jadi total sekitar Rp13 juta,” kata Hari saat dihubungi MNC Portal.

Untuk kendaraan listrik, Hari mengungkapkan biaya terbesar ada pada baterai, yang mana semakin besar kapasitasnya, maka akan makin tinggi harganya. Untuk itu, dia berharap ada bantuan dari pemerintah untuk mensubsidi baterai agar motor konversi bisa lebih murah.

“Kalau kendaraan listrik itu selalu baterai paling mahal. Misalnya nanti kalau ada insentif dari pemerintah terkait baterai untuk program konversi, jadinya bisa lebih murah. Mungkin bisa sekitar Rp5 jutaan,” ujarnya.

Editor : Vien Dimyati

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda