Jaga Jarak Aman, Jalan di Tuban Dikasih Garis seperti Starting Grid MotoGP

Riyandy Aristyo ยท Senin, 08 Juni 2020 - 10:40 WIB
Jaga Jarak Aman, Jalan di Tuban Dikasih Garis seperti Starting Grid MotoGP

Dinas Perhubungan Tuban, Jawa Timur, membuat marka jalan layaknya balapan MotoGP untuk menerapkan jaga jarak aman (physical distancing). (Foto: Instagram @ vanchris_bigbike_malang)

JAKARTA, iNews.id - Banyak cara dilakukan pemerintah dalam menerapkan social distancing di masa pandemi Covid-19. Salah satunya Dinas Perhubungan Tuban, Jawa Timur, mereka membuat marka jalan layaknya balapan MotoGP.

Garis seperti starting grid di sirkuit MotoGP tersebut berada di traffic light kawasan simpang empat Kembang Ijo, Tuban. Jadi, saat sepeda motor berhenti sambil menunggu lampu merah, pemotor takkan berdekatan dengan pengendara lain.

Hal tersebut menarik perhatian masyarakat sekitar, bahkan videonya sempat viral saat diunggah akun Instagram @vanchris_bigbike_malang, beberapa waktu lalu.

Menariknya, video tersebut juga diedit dengan sisipan komentator MotoGP, membuat suasana layaknya balapan motor sungguhan. Saat lampu hijau menyala, motor-motor yang menanti di starting grid pun melaju, diiringi dengan suara komentator MotoGP.

Petugas Dishub dan Polantas membuat membuat area khusus dengan ukuran 4x5 meter. Garis antar-pengendara juga dibuat jarak 1,5 meter. Selain itu, petugas juga memantau para pengguna jalan baik secara langsung turun di lokasi hingga melalui CCTV.

Para pengendara motor di kota Tuban diharapkan berhenti di garis yang telah ditetapkan. Saat berlalu lintas, pengendara juga wajib menggunakan masker demi membantu pencegahan virus Corona di Tuban.

Selain penerapan jaga jarak bagi roda dua di traffic light, Dishub Tuban juga memasang rambu imbauan penggunaan masker di beberapa ruas jalan.

Editor : Dani Dahwilani