Jaga Jarak Hindari Corona, Pria India Ubah Sepeda Motor Jadi Lebih Panjang

Riyandy Aristyo ยท Selasa, 28 April 2020 - 12:15 WIB
Jaga Jarak Hindari Corona, Pria India Ubah Sepeda Motor Jadi Lebih Panjang

Seorang pria asal Tripura, India, Partha Saha merombak sepeda motor listriknya untuk menjaga jarak minimal satu meter. (Foto Hindustan Time)

TRIPURA, iNews.id - Beberapa waktu lalu, beredar video mobil Jeep dimodifikasi lebar untuk menerapkan aturan physical distancing. Kali ini, giliran sepeda motor yang diimodifikasi untuk mematuhi kebijakan tersebut.

Dilansir dari Hindustan Times, Selasa (28/4/2020), seorang pria asal Tripura, India, Partha Saha merombak sepeda motor listriknya untuk menjaga jarak minimal satu meter dari Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Partha mengubah rangka sepeda motor listriknya dengan memanjangkan jarak kursi pengemudi dan penumpang sejauh satu meter. Di bagian penumpang juga diberikan handle bar untuk menggenggam.

"Social distancing banyak dibicarakan sekarang. Tapi, yang tidak peduli juga banyak. Jadi saya memulainya untuk menyampaikan pesan tentang pentingnya menjaga jarak di antara orang-orang," kata Partha.

Tak hanya physical distancing, pria asal India ini memilih sepeda motor listrik sebagai kampanye ramah lingkungan. Partha memanfaatkan arus DC motor sebesar 750 watt, baterai berukuran 48 volt yang mampu mengisi ulang penuh hanya dalam tiga jam.

"Saya tidak mau diproduksi secara massal karena pastinya akan lebih rumit di masalah perizinan. Yang penting, pesan untuk tetap menjaga jarak bisa tersampaikan melalui motor ini," katanya.

Sebagai informasi, WHO mengatakan jarak aman antara satu orang dengan yang lain dalam social distancing minimal sejauh tiga kaki atau satu meter, terutama saat orang tersebut bersin atau batuk.

Editor : Dani Dahwilani