Kawasaki KLX 230 Nyaman Diajak Manuver di Aspal, Tangguh di Lintasan Off Road
TANGERANG, iNews.id - PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) baru saja melepas motor off road terbaru KLX 230. Motor ini dirancang sebagai motor tangguh yang dapat melibas berbagai medan.
Bagaimana sensasi mengendarai sepeda motor off road tersebut? Jurnalis iNews.id mendapatkan kesempatan mencoba motor dual purpose ini di jalanan beraspal (on road) dan lintasan off road.
Berlokasi di Serpong, Tangerang, motor ini dijajal di lintasan on road terlebih dahulu. Aspal khas perkotaan di kawasan Serpong bisa jadi perwakilan termasuk buat gaspol di kisaran 80 hingga 120 km per jam.
Dua-tiga tikungan tajam didapat. Saat diajak bermanuver, handling motor ini tetap stabil mirip-mirip dengan KLX 150. Begitu juga dengan tinggi dari tanah ke jok.
Kelebihannya, motor ini dibekali mesin lebih besar berkapasitas 233 cc sehingga lebih gahar di lintasan, terlebih saat di putaran bawah. Diketahui, motor tersebut diproduksi di Indonesia dan akan diekspor ke mancanegara.
Usai dijajal di lintasan on road, jurnalis diajak menuju lintasan off road. Saat tiba di lokasi kami mendapat beberapa obstacle yang sangat menantang, dan pastinya KLX 230 dibuat untuk habitat ini.
Kawasaki kemudian memberikan penyesuaian pada roda. Ban diganti dari tadinya pakai semi-pacul untuk pemakaian dual-purpose menjadi ban spesialis menggaruk tanah.
Baru pertama kali menjajal medan off road, jurnalis merasakan sensasi berbeda ketika mengendarai KLX 230 di jalanan menantang.
Motor ini sangat cocok untuk beginner seperti kami. Tarikannya pas, handlingnya oke. Saat melibas obstacle yang tingginya hampir 10 meter dengan sudut kemiringan 45 derajat, KLX 230 mudah melewatinya.
Satu yang menarik dari motor ini adalah kenyamanan saat dikendarai karena joknya panjang hingga ke area tangki. Jok dibuat sejajar layaknya Kawasaki KX.
Motor yang dilepas dengan harga perkenalan mulai Rp39 jutaan sampai 30 Juni ini memungkinkan rider-nya pindah-pindah posisi maju mundur saat action.
Kelebihan lainnya ada di shock yang saat diam sangat empuk, tapi rigid ketika motor digeber. Tidak heran, motor ini begitu nyaman ketika dipacu di jalanan kota dan tangguh saat diajak bermanuver di tanah.

Editor: Dani M Dahwilani