Geber Kawasaki Ninja ZX-25R di Sirkuit Sentul, Transmisi Smooth, Tenaga Garang

Riyandy Aristyo ยท Kamis, 16 Juli 2020 - 18:19 WIB
Geber Kawasaki Ninja ZX-25R di Sirkuit Sentul, Transmisi Smooth, Tenaga Garang

esi test ride Kawasaki Ninja ZX-25R digeber dalam lima putaran dan iNews.id mendapatkan motor colour hero berkelir hijau. (Foto: iNews.id)

BOGOR, iNews.id - PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) baru saja meluncurkan Ninja ZX-25R bermesin empat silinder. Bagaimana performa motor sport ini?

KMI memberikan kesempatan kepada sejumlah jurnalis otomotif menggeber motor yang dibanderol mulai Rp96 juta itu di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Sesi test ride Kawasaki Ninja ZX-25R digeber dalam lima putaran dan iNews.id mendapatkan motor hero colour berkelir hijau.

Pertama kali merasakan sportbike ini, posisi ridingnya cukup proper untuk pengendara dengan tinggi 182 cm dan berat 88 kg jurnalis iNws.id. Hentakan tenaga pertamanya sangat responsif, unggul sedikit dari motor-motor 250 cc lainnya.

Ini lantaran Kawasaki Ninja ZX-25R dibekali mesin berkapasitas 250 cc, 4-silinder, di mana tenaganya mengalir melalui transmisi 6-percepatan yang sangat halus perpindahan giginya berkat teknologi quick shifter.

Tak hanya itu, fitur quick shifter ini juga sudah disematkan sistem auto blipper. Jadi, saat menurunkan gigi tanpa menggunakan kopling, putaran mesin sedikit meraung terlebih dahulu untuk menyesuaikan engine brake.

Pengendara juga harus sedikit beradaptasi saat menggunakan auto blipper ini karena momentum engine brake timbul, sedikit berbeda dibanding motor-motor 250 cc pada umumnya.

Kembali ke performa. Selain hentakan tenaga awal yang responsif, napas yang dihasilkan Kawasaki Ninja ZX-25R ini cukup panjang. Terlebih saat di jalur lurus.

Pantas saja, Kawasaki Ninja ZX-25R ini sanggup digas hingga 18.000 rpm di atas sirkuit. Tidak butuh waktu lama untuk mencapai putaran tersebut, karena tenaganya yang responsif.

Menariknya, jika putaran mesin di bawah 10.000 rpm, tenaganya terasa sangat smooth. Artinya, tak hanya cepat di sirkuit, Ninja ZX-25R ini juga terasa nyaman jadi kendaraan harian di jalan perkotaan.

Beralih ke handling, motor ini sangat nurut saat diajak berkelok atau ketika keluar-masuk tikungan. Walau masih menggunakan sok standar, tidak ada gejala limbung saat keluar tikungan meski bobot rider di atas rata-rata.

Di sektor keamanan dan keselamatan, sistem pengeremannya bisa menyeimbangi tenaga besar Ninja ZX-25R. Fitur Antilock Braking System (ABS) yang digunakan juga dirasa sangat smooth.

ABS tersebut mampu menjaga traksi ban depan dan belakang agar tidak mengunci saat panic braking alias rem mendadak.

Sebagai informasi, Kawasaki Ninja ZX-25R hadir dalam dua varian yakni versi standar yang dibanderol Rp96 juta dan varian ABS SE dengan harga Rp112,9 juta on the road Jadetabekser (Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Serang).

Editor : Dani Dahwilani