Mahasiswa Universitas Budi Luhur Rakit Sepeda Motor Listrik Bertenaga Besar

Riyandy Aristyo ยท Kamis, 23 April 2020 - 18:17 WIB
Mahasiswa Universitas Budi Luhur Rakit Sepeda Motor Listrik Bertenaga Besar

Sepeda motor listrik UBL CEVO1 sanggup melesat pada kecepatan maksimal 50 km/jam dengan jarak tempuh hingga 150 km. (Foto: Universitas Budi Luhur)

JAKARTA, iNews.id - Kreativitas mahasiswa Indonesia tidak kalah dengan mahasiswa luar negeri. Buktinya, mahasiswa dan peneliti dari Pusat Studi Kendaraan Listrik Universitas Budi Luhur, merakit ulang motor listrik yang diberi nama UBL CEVO1.

Kepala Studi Kendaraan Listrik Universitas Budi Luhur, Sujono mengatakan, UBL CEVO1 berasal dari sepeda motor listrik Selis E-Max yang sudah dimodifikasi tampilan dan sistem kelistrikannya. Nantinya, sepeda motor ini akan digunakan untuk kebutuhan kargo.

"Seluruh tampilan dan sistem kelistrikan Selis E-Max sudah dirombak total menjadi motor listrik UBL CEV01 dengan konsep modifikasi zoomer," ujar Sujono dalam keterangan tertulis yang diterima iNews.id, Kamis (23/4/2020).

Menurut Sujono UBL CEVO1 sanggup melesat dikecepatan maksimal 50 km/jam dengan jarak tempuh terjauh hingga 150 km setelah mendapatkan tambahan baterai Lithium untuk sekali pengisian daya secara penuh

"Awalnya, jarak tempuh hanya mencapai 40 km saja. Kemudian kita tambahkan kapasitas baterainya hingga mampu menempuh jarak terjauh 150 km hanya sekali pengisian daya," katanya.

Motor listrik yang digarap para mahasiswa dan dosen Universitas Budi Luhur ini memiliki konsep sepeda motor ramah lingkungan yang mampu bergerak cepat di perkotaan dan pelayanan antar barang.

"Kami selalu konsisten menjadikan Pusat Studi Kendaraan Listrik menjadi unggulan dalam riset kendaraan listrik ke depan. Setelah mobil BLITS dengan ITS, berubah jadi Neo BLITS. Lalu motor listrik UBL CEV01, sepeda listrik dan drone. Saat ini, kami tengah membuat motor listrik BLITZ," katanya.

Sebagai informasi, CEVO1 merupakan kelanjutan dari gelaran Custom E-Moto Expo dan Championship pada Indonesia International Motor Show (IIMS) untuk memodifikasi sepeda motor Selis E-Max. 

Editor : Dani Dahwilani