Mau Beli Sepeda Motor Bekas? Perhatikan Hal-Hal Ini agar Tidak Kecewa

Riyandy Aristyo ยท Senin, 13 Januari 2020 - 20:31:00 WIB
Mau Beli Sepeda Motor Bekas? Perhatikan Hal-Hal Ini agar Tidak Kecewa
Hati-hati ketika membeli motor bekas. (Foto: Justdial)

DEPOK, iNews.id - Hampir seluruh masyarakat Indonesia lebih memilih membeli sepeda motor bekas ketimbang baru. Meski harganya murah, membeli sepeda motor bekas juga harus memperhatikan beberapa hal agar tak menyesal di kemudian hari.

"Untuk mendapatkan kendaraan dengan kondisi optimal, pemilik kendaraan sebaiknya lebih teliti memeriksa beberapa komponen pada sepeda motor tersebut, agar tidak menyesal setelah dibeli," ujar pemilik dealer sepeda motor bekas, Sukses Motor Depok, Iyus Hadiwijaya, saat dihubungi iNews.id, baru-baru ini.

Iyus pun memberikan beberapa tips kepada konsumen yang ingin membeli sepeda motor bekas dengan harga terjangkau:

1. Riwayat Servis

Kadang, calon pembeli merasa sudah cukup dengan melihat kondisi luar sepeda motor. Padahal, belum tentu fisik yang bagus, punya performa yang baik atau bahkan jarang diservis.

"Memeriksa riwayat servis rutin motor yang akan dibeli adalah hal yang wajib. Jika motor itu rajin diservis, otomatis kondisinya pasti baik," kata Iyus.

2. Melihat Angka Kilometer

Sejatinya memilih kilometer yang paling rendah adalah salah satu cara paling mudah untuk menentukan motor bekas yang baik. Semakin rendah kilometer yang dilalui, semakin tinggi pula harganya. "Idealnya, setiap 2.000 km pemilik motor harus melakukan servis motor," katanya.

3. Oli pada Mesin

Saat pertama kali memilih motor bekas, sebaiknya mengecek bagian pengisian oli sebelum dinyalakan. Hal itu dikarenakan dealer motor bekas yang curang akan mengisi oli motor agar suara mesin terdengar lebih halus.

"Anda harus mengecek apakah oli mesin diberikan secara berlebihan atau tidak. Kemudian melihat di sekitar mesin apakah terdapat rembesan oli atau tidak. Jika ada rembesan oli setetes pun, dipastikan motor itu tak layak dibeli," ujar Iyus.

4. Sistem Kelistrikan

Setelah mengecek bagian oli, jangan lupa memeriksa kelistrikan. Pertama-tama, hidupkan motor dengan cara distater tangan, kemudian nyalakan setiap fitur tombol yang terletak di bagian depan motor.

"Yang harus diperhatikan adalah mengecek kualitas kelistrikan pada motor. Anda bisa memeriksa apakah kendaraan masih prima atau tidak dengan cara mencoba semua part yang membutuhkan listrik, seperti klakson, sein, dan electric starter," ujarnya.

Iyus juga menyarankan untuk memeriksa kondisi aki (accu). Jika ditemukan serbuk putih di kutub battery-nya, maka aki tersebut sudah lemah dan butuh diganti dengan unit baru.

5. Sparepart Original

Motor bekas juga rawan akan kecerobohan pengguna sebelumnya yang menggunakan sparepart seadanya. Ini bisa menjadi pertimbangan saat memilih motor bekas. "Biasanya, sparepart tak original, tak berusia panjang. Artinya, tak akan awet jika digunakan dalam waktu lama," kata Iyus.

6. Test Ride

Setelah semua sudah dicek dan tak ada masalah, tak ada salahnya untuk mencoba motor tersebut dibawa berkeliling. Pastikan kendaraan yang digunakan aman dikendarai, dan alat kendali seperti setang motor dan bodi tak ada kendala.

Itulah beberapa tips memeriksa komponen-komponen sebelum memutuskan untuk membeli sepeda motor bekas. Semoga bermanfaat.


Editor : Tuty Ocktaviany