Motor Listrik Cafe Racer Karya Mahasiswa Indonesia Ini Bisa Melaju hingga 110 Km

Riyandy Aristyo · Kamis, 14 Januari 2021 - 16:27:00 WIB
Motor Listrik Cafe Racer Karya Mahasiswa Indonesia Ini Bisa Melaju hingga 110 Km
Motor listrik Budi Luhur-Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01) ini diklaim bisa melaju hingga 110 km sekali pengisian baterai. (Foto: (iNews.id/Budi Luhur)

JAKARTA, iNews.id - Universitas Budi Luhur baru saja meluncurkan motor listrik bernama BL-SEV01. Motor listrik  singkatan dari Budi Luhur-Sport Electric Vehicle 01 ini diklaim bisa melaju hingga 110 km sekali pengisian baterai.

Dalam sekali pengisian daya hingga 100 persen, dibutuhkan waktu selama 4 jam. Baterainya berkapasitas 48 Ah dilengkapi controller 96 Volt 200 Ampere.

Jantung pacu tersebut mampu menghasilkan performa setara motor sport 300 cc. Desain motor listrik ini juga mengadopsi konsep cafe racer. Performa dan kemampuan BL-SEV01 sebagai motor sport diklaim kuat, tangguh dan agresif.

"BL-SEV01 merupakan sepeda motor yang 100 persen digerakan menggunakan tenaga listrik sebagai sumber tenaganya," ujar Rektor Universitas Budi Luhur, Wendi Usino, melalui konfrensi video, Kamis (14/1/2021).

Menariknya, semua komponen yang terdapat di BL-SEV01, seperti motor listrik, baterai dan modul, dikembangkan pengajar dan mahasiswa Universitas Budi Luhur.

"Ketiganya dikembangkan secara bersama di sini agar bisa bekerja secara optimal sesuai dengan kondisi, karakteristik, dan medan di Indonesia," kata Wendi.

Sebagai informasi, Universitas Budi Luhur sejak lama telah merencanakan pengembangan mobil dan motor listrik yang
merupakan hasil karya anak bangsa.

"Riset yang kami kembangkan menjadi bagian dari misi Universitas Budi Luhur dalam memfasilitasi dan memotivasi civitas akademika mencapai penelitian bermutu," ujar Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, Kasih Hanggoro.

Editor : Dani Dahwilani