Motor Ngebul Keluarkan Asap Putih atau Hitam, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Bertold Ananda · Selasa, 23 November 2021 - 14:59:00 WIB
Motor Ngebul Keluarkan Asap Putih atau Hitam, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya
Sepeda motor ngebul keluar asap putih atau hitam menjadi momok bagi pemilik sepeda motor. (Foto: AARQ)

JAKARTA, iNews.id - Motor ngebul keluar asap putih atau hitam menjadi momok bagi pemilik sepeda motor. Ini sangat menggangu dan tidak nyaman ketika digunakan menimbulkan polusi udara.

Kondisi tersebut juga menjadi pertanada motor menngalami masalah. Jika terjadi demikian segera atasi agar tidak merembet ke komponen lain.

Bagaimana cara mengatasinya? Dilansir dari laman Suzuki, Selasa (23/11/2021) berikut penyebab dan cara mengatasi motor ngebul keluarkan asap putih atau hitam:
 
1. Tune up berlebihan

Tune up memang menjadi solusi baik untuk merawat mesin motor supaya dapat terjaga dan selalu dalam kondisi optimal. Namun, jika dilakukan terlalu sering bisa menyebabkan motor ngebul.  Ini dikarenakan pengaturan alias settingan tidak sesuai dengan mesin.

Upaya meningkatkan performa motor dengan cara tune up harus tetap memperhatikan kapasitas mesin. Tune up yang tidak cocok menimbulkan pembakaran dalam mesin menjadi tidak beraturan. Efek yang terjadi adalah, suhu mesin menjadi semakin panas pada saat terjadi pembakaran dan motor menjadi ngebul.

2. Oli terlalu encer

Untuk mesin baru memang disarankan memakai oli lebih encer jenis sentetis. Ini dikarenakan model mesin motor saat ini komponennya lebih rapat sehingga memerlukan oli encer untuk dapat terlumasi sampai ke celah-celah. 

Namun, hal itu berbeda pada motor tua alias berumur. Komponen yang ada didalamnya memerlukan pelumasan lebih kental. Oli terlalu encer dan jarang diganti menyebabkan motor ngebul.

Itu terjadi karena oli kotor dan dapat habis karena terjadi penguapan. Ketika oli habis dan tidak bisa melumasi internal mesin, dampak yang ditimbulkan ngebul. Untuk mengatasinya gantilah oli sesuai jarak tempuh dengan kekentalan seusai dengan rekomendasi pabrikan.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: