Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : 6 Tanda Busi Motor Mulai Lemah, Jangan Tunggu Motor Mogok di Jalan
Advertisement . Scroll to see content

Penyebab Motor Brebet dan Sulit Dihidupkan, Periksa Komponen Ini

Senin, 20 September 2021 - 12:37:00 WIB
Penyebab Motor Brebet dan Sulit Dihidupkan, Periksa Komponen Ini
Periksa komponen ini, berikut tujuh penyebab sepeda motor berebet dan sulit dihidupkan. (Foto: Dok/Pertamina)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Sepeda motor menjadi kendaraan paling banyak digunakan masyarakat Indonesia. Motor dinilai lebih praktis dan efisien untuk berbagai aktivitas.

Namun, layaknya kendaraan lain motor perlu perawatan supaya selalu dalam kondisi optimal. Jangan sampai motor kesayangan Anda mati mendadak dan sulit dihidupkan kembali. Situasi seperti ini pastinya akan merepotkan

Apa penyebabnya? Dilansir dari laman Yamaha berikut tujuh penyebab motor berebet dan sulit dihidupkan.

1. Kran Bensin Tertutup

Komponen ini berfungsi menyalurkan bensin ke bagian mesin. Maka itu, ketika mesin mati, kran ini akan tertutup secara otomatis. Namun, berbeda kasus jika Anda langsung menggunakan tenaga motor secara maksimal pada saat mesin baru dinyalakan, bisa saja kran bensin masih tertutup.

2. Pompa bensin lemah

Permasalahan selanjutnya yang biasa ditemukan, yaitu pompa bensin yang lemah. Dampaknya ketika fuel pump dalam kondisi yang terlalu lemah maka tekanan bensin yang memancar tidak akan banyak dan muncul gejela brebet.

3. Mesin Terlalu Panas

Mesin yang overheat (terlalu panas) juga dapat menyebabkan motor menjadi brebet, bahkan mogok dan sulit untuk dihidupkan. Pasalnya, mesin yang panas dapat menyebabkan performa mesin menurun. Berhenti sementara untuk menurunkan suhu mesin adalah keputusan yang baik.

4. Filter Bensin Kotor

Bensin perlu disaring komponen bernama filter sebelum berpindah dari tanki ke bagian mesin. Fungsinya untuk menyaring partikel kecil dan endapat kotoran yang ada pada bensin. 

Maka itu perlu penggantian filter bensin secara berkala. Jika menganggap remeh maka kotoran menumpuk pada filter bensin. Dampaknya yang terjadi adalah bensin tidak akan bisa berjalan dengan lancar.

5. Pilot Jet Tersumbat

Ini biasanya teradi pada motor karburator. Posisi bensin dikeluarkan dari bagian pilot jet. Ketika pilot jet tersumbat kotoran, mesin juga akan terasa seperti kehabisan bensin.

6. Injektor Kotor

Ini berlaku untuk motor injeksi. Injektor berguna menyemprotkan bahan bakar ke dalam ruang mesin. Pastikan injektor selalu dalam keadaan bersih, jika kotor dapat  menghambat saluran bensin ke mesin.

7. Busi Bermasalah

Ini merupakan komponen yang sering diabaikan banyak orang. Padahal, jika busi mengalami kerusakan akan sangat merepotkan pengendara karena mesti didorong menuju bengkel. Kinerja busi melemah selain akibat faktor usia pakai, bisa karena kotor dan rusak.

Editor: Dani M Dahwilani

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut