Perbedaan Motor 1 Silinder sampai 4 Silinder, Bisa Dikenali dari Bentuk dan Suaranya

Intan Rakhmayanti Dewi · Sabtu, 15 Januari 2022 - 07:01:00 WIB
Perbedaan Motor 1 Silinder sampai 4 Silinder, Bisa Dikenali dari Bentuk dan Suaranya
Berikut perbedaan motor 1 silinder sampai 4 silinder. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Banyak yang bertanya perbedaan motor 1 silinder sampai 4 silinder. Motor yang memiliki lebih banyak silinder akan menghasilkan performa dan suara lebih baik. 

Meskipun mesin satu silinder jauh lebih mudah digunakan dan menghasilkan banyak tenaga pada kecepatan mesin rendah, namun performamnya berbeda dengan yang memiliki banyak silinder.

Berikut perbedaan motor 1 silinder sampai 4 silinder:

Mesin 1 Silinder 

Mesin satu silinder banyak digunakan pada sepeda motor trail atau sepeda motor harian yang digunakan di jalan raya. Model motor ini lebih mudah perawatannya dan hemat baham bakar. 

Mesin 2 Silinder  

Mesin dengan dua atau lebih silinder menghasilkan lebih banyak tenaga secara keseluruhan karena laju pembakaran. Mereka memiliki konfigurasi berbeda untuk menghasilkan tenaga pada kecepatan mesin tertentu. Anda dapat mengetahui mesin apa itu hanya dengan mendengarkan suaranya. 

Mesin 2 silinder segaris terpasang sejajar dan tersambung dengan poros engkol. Selain digunakan motor sport, biasanya dipakai juga mobil berukuran mungil city car dan kei car (mobil kecil asal Jepang). 

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: