Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Baru Meluncur di GJAW, Motor Listrik eMotor Sprinto Bukukan SPK 500 Unit 
Advertisement . Scroll to see content

Produsen Motor Listrik Singapura Incar Pasar Indonesia

Rabu, 28 Oktober 2020 - 05:57:00 WIB
Produsen Motor Listrik Singapura Incar Pasar Indonesia
Produsen sepeda motor listrik Singapura, Oyika mengincar pasar Indonesia yang dinilai sangat potensial. (Foto: Antara/Oyika)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Produsen sepeda motor listrik Singapura, Oyika mengincar pasar Indonesia yang dinilai sangat potensial. Mereka bahkan telah menguji coba kendaraannya di Indonesia sejak Juli 2020.

“Kami telah melakukan uji coba sepeda motor listrik dan penggantian baterai sejak Juli 2020 dan juga telah memasang beberapa stasiun pertukaran (swap stations) di toko swalayan Alfamart sejak September 2020,” ujar Presiden Direktur Oyika Indonesia, Larry Lim di Jakarta, Selasa.

Dia menuturkan sampai saat ini sudah ada 11 swap stations yang disebarkan di Jakarta untuk uji coba tahap awal. “Kami berencana untuk memasang 1.000 swap stations di Jakarta pada tahun 2021,” katanya.

Lebih lanjut, Larry menambahkan, baterai sepeda motor listrik tersebut juga sedang dirakit di Indonesia.

Saat ini, tercatat setidaknya ada 120 juta sepeda motor di Indonesia dengan kurang dari 0,1 persen di antaranya adalah sepeda motor listrik.

Indonesia sendiri adalah pasar sepeda motor terbesar ke-3 di dunia, setelah India dan China, tetapi dengan kepadatan sepeda motor yang jauh lebih tinggi.

Sepeda motor mewakili lebih dari 85 persen total populasi kendaraan Indonesia. Pengenalan sepeda motor listrik adalah cara tercepat untuk mengurangi total emisi kendaraan.

“Bertentangan dengan keyakinan umum, sepeda motor listrik bisa menjadi lebih murah dibandingkan dengan sepeda motor tradisional yang menggunakan mesin pembakaran internal jika konsep berbagi baterai diperkenalkan,” kata Larry.

Hal itu dikarenakan pengendara tidak perlu menanggung biaya dimuka untuk baterai sepeda motor listrik, yang bisa menjadi 50 persen atau lebih dari total biaya kendaraan listrik.

Tanpa subsidi pemerintah pun, sepeda motor listrik menjadi lebih murah, dan bahkan bisa bersaing dengan sistem BBM bersubsidi seperti yang diterapkan di Indonesia.

Editor: Dani M Dahwilani

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut