PSBB Diterapkan, Ini Cara Merawat Ban Motor agar Tetap Awet

Riyandy Aristyo ยท Sabtu, 11 April 2020 - 10:45 WIB
PSBB Diterapkan, Ini Cara Merawat Ban Motor agar Tetap Awet

Tips merawat ban agar tetap awet (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah Indonesia sudah menerapkan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mencegah meluasnya pandemi virus corona (Covid-19). Tak hanya manusia, kendaraan juga akan lebih lama berada di garasi.

Pemilik bengkel Beji's Motor, Anjas Marbun mengatakan banyak masalah yang timbul jika sepeda motor terlalu lama didiamkan di dalam garasi rumah. Salah satunya adalah bagian ban.

"Kalau ban motor dibiarkan terus bisa berisiko retak, bahkan pecah. Jadi, meski dalam keadaan work from home, pemilik tetap wajib melakukan perawatan," kata Anjas saat dihubungi iNews.id, Sabtu (11/4/2020).

Anjas menambahkan, merawat ban itu sangat mudah, bahkan bisa dilakukan sendiri. Dia menyebut ada lima langkah yang musti dijalani agar ban sepeda motor tetap awet meski tidak digunakan dalam waktu yang lama. 

1. Tekanan Ban

Agar karet ban tidak cepat retak dan pecah apalagi ban yang berusia 3-5 tahun, perhatikan tekanan angin pada ban. Jangan terlalu keras, cukup berada di kisarang angka 25 Psi. 

2. Isi Pakai Nitrogen

Nitrogen punya banyak manfaat ketimbang angin biasa. Selain punya suhu yang stabil, penggunaan nitrogen bisa membuat bagian dalam ban tidak lembab yang dapat menyebabkan korosi di velg. 

3. Standar Tengah

Saat memarkir sepeda motor, usahakan menggunakan standar tengah atau standar dua. Hal ini untuk menjaga tekanan ban seimbang dan tidak berat sebelah jika di standar samping.

4. Perhatikan Alas Ban

Pastikan ban tidak menapak pada permukaan yang berminyak atau genangan bahan bakar. Hal ini untuk mencegah ban cepat menggembung.

5. Gunakan Berkeliling

Jika memungkinkan, gunakan untuk berkeliling sekitar 10-15 menit setelah motor didiamkan kurang lebih tiga hari. Hal ini akan membuat kondisi karet tetap elastis sehingga tidak mudah retak.

Editor : Dini Listiyani