Rem Bermasalah, 15.200 Unit Motor Royal Enfield Ditarik

Riyandy ยท Sabtu, 23 Mei 2020 - 14:09 WIB
Rem Bermasalah, 15.200 Unit Motor Royal Enfield Ditarik

Motor Royal Enfield (Foto: Visor Down)

NEW DELHI, iNews.id - Royal Enfield mengumumkan penarikan kembali (recall) pada model sepeda motor bermesin 650 cc di sejumlah negara Eropa dan Korea Selatan. Total, ada 15.200 unit yang ditarik kembali karena masalah pengereman.

Dilansir dari Visordown, Sabtu (23/5/2020), Royal Enfield mengatakan, kaliper rem dari Interceptor 650, Continental GT 650 dan Himalayan menunjukkan tanda-tanda korosi karena bagian ini sering terkena zat sejenis garam.

Jika dibiarkan terus menerus, komponen yang rusak tersebut bakal mengeluarkan suara bising. Tak hanya itu, kinerja rem juga tidak maksimal, sehingga membahayakan keselamatan pengemudi.

Royal Enfield akan segera menghubungi pemilik motor untuk menjelaskan kerusakan ini pada mereka, sehingga bisa segera dilakukan pemeriksaan dan perbaikan di bengkel terdekat.

Ke depannya, bagian produksi akan memeriksa proses perakitan dengan mengganti material tersebut. Motor-motor dengan mesin 650 Twin dan Himalayan yang diproduksi berikutnya dipastikan tak mengalami masalah ini lagi.

Kebetulan, ketiga motor ini juga di pasarkan di Indonesia. Namun, dari keterangan tersebut, hanya Korea Selatan dan beberapa negara Eropa saja yang terkena recall ini. Kemungkinan, pengaruh suhu udara yang tak cocok dengan bahan komponen rem.

Editor : Dini Listiyani