Sejarah BMW R60, Motor Klasik Milik Ridwan Kamil yang Dibeli dari Tukang Cukur

Rilo Pambudi ยท Kamis, 30 Juni 2022 - 19:21:00 WIB
Sejarah BMW R60, Motor Klasik Milik Ridwan Kamil yang Dibeli dari Tukang Cukur
Sejarah BMW R60, Motor Klasik Milik Ridwan Kamil. Ridwan Kamil membonceng Ketum Partai Demokrat AHY keliling bandung (Foto: Instagram @ridwankamil)

JAKARTA, iNews.id - Salah satu motor klasik milik Ridwan Kamil menarik untuk diulas. Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, memang dikenal hobi sepeda motor.

Ia memiliki beberapa jenis motor keren, termasuk motor klasik. Salah satu yang motor klasik yang sering digunakan adalah Royal Enfield Classic 500 Battle Green. Namun, Ridwan Kamil juga punya satu motor klasik keren yang dibelinya dari seorang tukang cukur asal Bali.

Motor klasik tersebut adalah jenis BMW R60 berwarna hitam yang dibelinya dari tukang cukur di Denpasar, Bali, yakni Chiganoz Barbershop. Motor BMW R60 itu pernah menjadi sorotan saat dipakai Ridwan Kamil untuk membonceng Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pada 2021 lalu.

Chiganoz Barbershop sendiri ternyata bukan tukang cukur biasa. Ia merupakan kolektor sekaligus spesialis penjual kendaraan klasik mulai dari motor gede (moge) hingga mobil dengan surat-surat yang lengkap.

Lantas seperti apa riwayat BMW R60 tersebut? Berikut iNews.id berikan ulasan sejarah singkatnya.

Sejarah BMW R60, Motor Klasik Milik Ridwan Kamil

BMW R60 merupakan kendaraan yang diproduksi di Muenchen, Jerman, pada rentang tahun 1956 hingga 1981. BMW saat itu mengeluarkan beberapa varian seperti R60/2, R60/5, dan R60/7.

Seri pertama dari model R60 diproduksi pada mulai 1956 hingga 1960. Motor ini memang didesain sebagai kendaraan yang mampu menempuh jarak jauh.

Secara desain fisik, motor ini sangat khas BMW dan unik. R60 adalah salah satu motor lelaki paling keren di masanya. 

Secara performa, motor klasik itu dibekali mesin 494 cc, 4-tak, dengan 2 silinder dan berpendingin udara. Motor ini diklaim dapat menghasilkan tenaga hingga 28 tk dan dapat menembus kecepatan maksimal hingga 145 km/jam.

Hingga pada 1960, model baru dari motor tersebut kemudian lahir. BMW R60/2 diproduksi selama kurun waktu hingga 1966.

Desain varian kedua ini masih tidak jauh berbeda dengan model awal. Pembawaannya masih sama dengan R60 baik secara tampilan jok terpisah, tangki bahan bakar, lampu depan, hingga knalpot model bambu.

Perubahan besar dilakukan pada dapur pacunya, yakni dengan kapasitas mesin hingga 594 cc. Tenaga yang dihasilkan varian kedua ini naik menjadi 30 tk dan torsinya mencapai 49 Nm.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda